TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Seimbangkan Prioritas dalam Pernikahan, Kompromi!

Penuh tantangan tapi harus dilakukan

ilustrasi pasangan (unsplash.com/jon_cast2)

Kehidupan pernikahan terkadang bisa bikin seseorang kehilangan jati dirinya. Fokus dalam hidup sering berubah dari diri sendiri menjadi untuk pasangan atau keluarga. Hal ini sering membuat prioritas dalam kehidupan pernikahan menjadi tidak seimbang.

Prioritas itu penting dan harus selalu diutamakan, tetapi bagaimana caranya menyeimbangkan prioritas dalam pernikahan? Kamu bisa mencoba lima cara berikut agar kehidupan pernikahanmu tetap berjalan dengan seimbang. Yuk, cari tahu!

1. Selalu komunikasi secara jujur dan terbuka 

ilustrasi pasangan (pexels.com/rodnae-prod)

Berkomunikasi dengan pasangan harus mengedepankan kejujuran dan keterbukaan. Selain itu juga penting untuk bisa mendiskusikan secara efektif terhadap prioritas dan tanggung jawab masing-masing.

Penting juga untuk bisa saling mendengarkan perspektif pasangan agar kamu lebih mengerti. Dengan begitu, kamu dan pasangan bisa saling menemukan cara untuk bekerja sama dalam menyeimbangkan prioritas.

2. Coba identifikasi prioritas bersama 

ilustrasi pasangan berpegangan tangan (unsplash.com/priscilladupreez)

Dalam suatu waktu, ajak pasangan untuk duduk dan berbicara. Coba sebisa mungkin meluangkan waktu demi bisa saling mendengarkan satu sama lain. Kalian bisa memakai waktu tersebut untuk mengidentifikasi prioritas bersama.

Apa saja hal yang penting untuk dilakukan dan diwujudkan. Dengan berfokus pada prioritas bersama, kalian berdua bisa saling berusaha untuk mencapai tujuan tersebut. Dan juga menghindari konflik yang rasanya tidak perlu ada.

Baca Juga: 5 Tips Hadapi Pernikahan ketika Realitas Tak Seindah Ekspektasi

3. Buat jadwal yang fleksibel 

ilustrasi membuat jadwal (unsplash.com/esteejanssens)

Membuat jadwal yang fleksibel juga tak kalah pentingnya. Dikarenakan ini akan memudahkanmu untuk mengatur waktu secara lebih efektif. Lebih lanjut juga agar kalian berdua bisa saling memprioritaskan tanggung jawab masing-masing.

Jadi, gak ada prioritas yang tak terselesaikan. Sehingga, semua hal yang penting bisa terlaksana dengan baik. Kamu dan pasangan gak harus mengorbankan prioritas demi memenuhi kebutuhan lain yang masih bisa dikompromikan.

4. Selalu bisa diajak kompromi 

ilustrasi pasangan (unsplash.com/heftiba)

Berkompromi itu penting, artinya kamu tidak egois. Mengomunikasikan banyak hal akan membuat kamu dan pasangan bisa saling berkompromi. Ini penting dalam hubungan apa pun agar bisa menyeimbangkan prioritas.

Kamu bisa menjadi orang yang mengambil tanggung jawab pasangan saat ia butuh bantuan atau dukungan. Dan pasangan juga bisa melakukan hal yang sama untukmu disaat kamu butuh. Keseimbangan ini akan menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Baca Juga: 5 Tips Atasi Rasa Syok Mendengar Kabar Pernikahan Mantan

Verified Writer

It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya