TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Memutuskan Hubungan dengan Pasangan 

Biar gak ada beban di masa depanmu 

webstartadvisor.com

Putus hubungan dengan pasangan umumnya dianggap sebagai pengalaman pahit. Namun, kadang itu bisa jadi fase peralihan yang melegakan. Jika kamu mengalami hubungan yang kurang menyenangkan, memutuskan hubungan dengan pasangan justru bisa jadi awal baru yang baik buatmu.

Namun, supaya kamu benar-benar bisa memulai awal yang baru, pastikan semua masa lalumu dengan mantan sudah terselesaikan. Mengakhiri hubungan gak otomatis berarti semua persoalanmu dengan mantan bisa dianggap selesai begitu saja, lho. Makanya, saat memutuskan, lakukan lima hal ini supaya kamu bisa melepaskan masa lalumu dengannya tanpa beban.

1. Jelaskan alasanmu memutuskan hubungan 

elcrema.com

Saat memutuskan hubungan, pastikan kamu menyebutkan alasannya dengan jujur dan jelas. Jangan gunakan istilah yang mengawang-awang seperti "kamu terlalu baik buat aku". Itu istilah abstrak yang gak spesifik. Sebenarnya, alasan itu bisa menimbulkan pertanyaan di benak mantanmu, seperti kalau memang dia baik, kenapa kamu malah memutuskannya?

Mantanmu berhak mendapatkan kejelasan tentang kenapa kamu memutuskannya. Kalau memang karena kamu gak tahan dengan sifat buruknya, katakan saja terus terang. Selama kamu menyampaikannya dengan sopan, kemungkinan besar dia gak akan marah. Justru, dia bisa merasa seolah dibuang begitu saja kalau kamu memutuskan dengan alasan yang gak jelas.

Baca Juga: Wajib Selektif! 5 Alasan Kamu Harus Pilih-pilih dalam Mencari Pasangan

2. Minta maaf atas semua kesalahanmu selama berhubungan 

feepik/katemangostar

Selama berhubungan, pasti ada beberapa tindakan atau kata-katamu yang menyakiti mantanmu. Makanya, minta maaflah atas kesalahanmu itu. Bahkan, kalaupun kamu merasa bahwa sebenarnya dia yang punya lebih banyak kesalahan, kamu tetap perlu minta maaf.

Jangan malah saling debat soal siapa yang kesalahannya lebih banyak atau lebih fatal. Ingat, tujuanmu adalah untuk memastikan bahwa kalian putus secara baik-baik supaya kamu gak punya beban perasaan apa pun di masa depan. Plus, dengan kamu meminta maaf, mantanmu bisa lebih ikhlas melepasmu dan gak menaruh dendam atas kesalahan yang pernah kamu lakukan.

3. Bahas apakah kalian masih mau saling kontak atau tidak 

irishtimes.com

Ini juga penting dibahas saat memutuskan hubungan supaya kalian sama-sama enak. Kalau kamu enggan untuk terus saling kontak dengannya, katakan kepadanya dengan jelas beserta alasannya.

Namun, kalau kamu gak keberatan tetap berteman, katakan juga supaya dia gak menebak-nebak. Sementara, kalau dia yang gak mau terus kontak denganmu, tentu kamu harus menghargainya.

4. Kalau masih mau kontak, bahas interaksi seperti apa yang kalian inginkan 

unsplash/yolanda sun

Kalau keputusan kalian adalah tetap saling kontak, pastikan kalian sepakat soal interaksi seperti apa yang kalian inginkan. Kalau kamu mau tetap seperti teman biasa, katakan saja. Kalau kamu hanya mau kontak sesekali, katakan juga. Semakin jelas, itu semakin bagus.

Bahkan, gak ada salahnya kalau kalian memutuskan untuk sesekali jalan bareng seperti dulu. Namun, kalau itu keputusannya, tentu ada risiko cinta lama bersemi kembali. Kalau kamu merasa siap, jalankan saja kesepakatan tersebut.

Baca Juga: Tanda Insecure, 5 Kemungkinan Penyebab Kamu Cemburuan pada Pasangan

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya