TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Pentingnya Komunikasi Pasangan dalam Rumah Tangga

Komunikasi adalah kunci hubungan yang sehat

ilustrasi pasangan suami istri (pexels.com/Anastasiya Lobanovskaya)

Sudah menjadi rahasia umum jika komunikasi sangatlah penting dalam sebuah hubungan.Terlebih dalam kehidupan berumah tangga. Jika kamu ingin hubunganmu jauh dari konflik rumah tangga dan juga langgeng, maka mulai sekarang cobalah untuk rajin berkomunikasi dengan pasanganmu.

Selain jauh dari konflik ada beberapa manfaat lain yang akan kamu dapatkan jika kamu dan pasanganmu rajinnya berkomunikasi. Ini lima di antaranya.

1. Terhindar dari kesalahpahaman

ilustrasi berbicara dengan pasangan(pexels.com/Ketut Subiyanto)

Pasangan yang rajin berkomunikasi akan terhindar dari kesalah pahaman. Hal ini karena pasangan yang rajin berkomunikasi cenderung lebih terbuka. Mereka mempunyai kebebasan untuk mengeluarkan pendapat dan isi hatinya.

Selain itu keterbukaan dalam sebuah hubungan dapat membuat terbentuknya rasa saling percaya antara satu sama lain.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Mencegah Konflik Rumah Tangga bagi yang Baru Menikah

2. Terjalin kekompakan

ilustrasi pasangan yang kompak(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kekompakan dalam hubungan rumah tangga sangat tergantung dari bagaimana komunikasi kamu dan pasangan. Jika komunikasi dengan pasangan terjalin dengan baik, pasti akan ada kekompakan mudah.

Jangan takut untuk meminta bantuan pada pasang jika kamu mengalami mengalami kesulitan. Katakan juga apa yang kamu butuhkan. Dengan begitu pasangan kamu pasti akan selalu membantumu dan selalu ada untuk kamu.

3. Saling memahami satu sama lain

ilustrasi pasangan bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengutarakan pendapat dan isi hati pada pasangan bukan berarti kamu lemah. Justru ini akan baik, sebab dengan begitu pasangan kamu akan mudah memahami apa yang terjadi dan kamu alami.

Tanpa adanya komunikasi, pasangan tidak akan tahu apa yang kamu rasakan. Jangan hanya diam dan berharap pasangan kamu akan mengerti, sebab itu justru akan sia-siakan tidak akan membantumu.

Pasangan yang saling memahami berawal dari adanya komunikasi dan keterbukaan satu sama lain.

4. Baik untuk kesehatan

ilustrasi pasangan bahagia bersama (pexels.com/Leah Kelley)

Komunikasi dapat menghindarkan pasangan dari adanya konflik dalam rumah tangga. Pasangan yang jauh dari pertengkaran dan perdebatan pasti memiliki kesehatan mental yang baik.

Seperti diketahui kesehatan mental punya andil besar terhadap kondisi kesehatan seseorang. Jika kesehatan mentalnya baik, maka kesehatan fisiknya pasti baik juga.

Baca Juga: 5 Realita Kehidupan Rumah Tangga, Tak Seindah Angan-angan!

Verified Writer

Rinada

Masih belajar dan maaf jika ada kesalahan!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya