TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanda Pasangan Belum Lepas dari Orangtua Setelah Menikah

Coba cek apakah tandanya ada di pasanganmu #IDNTimesLife

ilustrasi orang tua (pexels.com/elinafairytale)

Setelah menikah pastinya ingin memulai hidup baru yang lebih mandiri lagi dan tidak tergantung dengan orangtua. Mempunyai pasangan yang satu pemikiran sepertinya akan menyenangkan. Namun ketika pasangan kamu ternyata belum bisa lepas dari bayang-bayang orangtua, perlu usaha keras untuk bisa mandiri bersama.

Sepertinya kamu perlu lihat tanda-tanda berikut ini supaya bisa menunjukkan apakah pasangan kamu sudah mampu lepas dari orangtua atau belum.

1. Sering melibatkan orangtua dalam hal urusan rumah tangga

ilustrasi bicara (pexels.com/cottonbro)

Ketika pasangan masih sering melibatkan orangtua dalam masalah rumah tangga yang seharusnya dihadapi berdua, ini salah satu yang menjadi tanda jika dirinya belum mampu lepas dari bayang-bayang orangtuanya. Jika hal ini terus saja terjadi, akan membawa dampak buruk pada hubungan. Ikut campur orangtua dalam masalah rumah tangga kamu bisa berakibat kurang baik.

Baca Juga: 5 Keinginan Orangtua Ini Sebenarnya Menghalangi Anak Meraih Mimpi

2. Belum ingin diajak hidup mandiri dan jauh dari rumah orangtua

ilustrasi bicara (pexls.com/askarabayev)

Pasangan yang masih belum mampu lepas dari bayang-bayang orangtua biasanya masih belum mau diajak untuk hidup mandiri dan jauh dari orangtuanya. Hal ini akan menimbulkan ketidaknyamanan pada salah satu pihak yang punya rencana hidup mandiri setelah menikah. Pisah rumah dari orangtua saja belum mau, apalagi diajak hidup mandiri berdua.

3. Mudah mengadu masalah pada orangtua

ilustrasi orang tua dan anak (pexels.com/cottonbro)

Sebaiknya jika sudah menikah, masalah rumah tangga harus bisa diselesaikan secara bersama tanpa melibatkan orangtua. Ketika pasangan kamu justru sering kali mengadu pada orangtua akan semua masalah yang sedang dihadapi bersama kamu, menjadi salah satu tanda jika dirinya memang belum bisa lepas dari bayang-bayang orangtua setelah menikah. Perlu kesabaran lebih dalam menghadapinya.

4. Sering meminta bantuan dalam hal kecil sekalipun

ilustrasi bicara (pixabay.com/free-photos)

Agaknya mandiri itu lebih baik dari pada apa-apa minta bantuan pada orangtua walau hal kecil sekalipun ketika sudah menikah. Jika yang terjadi justru sebaliknya, itu bisa menjadi tanda jika pasangan belum bisa lepas dari bayang-bayang orangtuanya. Coba sikapi dengan bijak agar dirinya bisa berubah, karena ia tidak bisa terus begitu.

Baca Juga: Dipaksa Menikah oleh Orangtua? Ini 5 Cara Santai Menghadapinya 

Verified Writer

Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya