TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Itu Dry Dating? Sebuah Tren Kencan Tahun 2023!

Melakukan kencan tanpa adanya alkohol

Ilustrasi kencan (unsplash.com/Steven Coffey)

Dry dating menjadi tren kencan 2023 yang banyak dilakukan oleh anak muda, khusus dalam budaya barat. Apa sih itu? Secara sederhana, dry dating adalah kencan tanpa adanya alkohol. Hal ini akan membuat kamu tetap sadar dan membangun pembicaraan yang lebih bermakna.

Lalu seperti apa sih dry dating? Apa manfaat dan bagaimana cara melakukannya? Untuk itu, kamu bisa menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Apa Itu Open Casting dalam Hubungan? Simak Penjelasannya!

1. Apa itu dry dating?

Ilustrasi kencan (pexels.com/Katerina Holmes)

Memang tidak seperti budaya kita, kencan pertama tidak akan minum minuman yang beralkohol (meskipun ada juga yang melakukan). Tapi dalam budaya barat, hal ini sudah biasanya dilakukan. Bahkan, sudah menjadi hal yang normal ketika kamu mengajak kencan seseorang dengan minum minuman beralkohol, baik itu hanya sekadar bir maupun wine.

Melansir laman Womens Health, pakar hubungan Megan Luscombe menjelaskan, dry dating adalah membangun hubungan yang lebih bermakna saat kencan pertama tanpa adanya alkohol. Dengan begini kamu bisa memulai percakapan yang bermakna, menilai potensi hubungan, dan membangun chemistry. Dengan begini kamu juga akan sadar bahwa perasaan kamu tulus sebelum hubunganmu lebih jauh.

Mengutip India Times, direktur komunikasi aplikasi kencan Bumble, Samarpita Samadda, menjelaskan dalam penelitian terbaru sebanyak 47 persen responden millennial mengakui bahwa mereka menggunakan alkohol untuk menenangkan diri sebelum kencan. Sementara 31 persen responden Gen Z yang minum alkohol, mengakui bahwa mereka melakukannya untuk menemani teman kencan.

"Semakin banyak orang yang memilih dry dating (kencan tanpa alkohol). Hal ini mungkin terasa lebih sulit bagi sebagian orang. Kami ingin semua orang di komunitas kami dapat mengomunikasikan versi diri mereka yang paling otentik, tanpa rasa khawatir," ujar Samarpita.

2. Manfaat melakukan dry dating

ilustrasi kencan (unsplash.com/szabo viktor)

Menerapkan dry dating saat kencan pertama ternyata memberikan manfaat yang positif bagi kamu maupun hubungan itu sendiri. Mengutip Washington Post, berikut ini beberapa dampak baik yang akan kamu rasakan saat melakukan dry dating. Simak di bawah ini.

Kamu mungkin akan merasa lebih percaya diri

Menurut psikolog Dawn E. Sugarman, orang sering minum alkohol untuk meredakan kecemasan. Tapi jika kamu bisa menghilangkan itu, mungkin kamu bisa merasa lebih percaya diri.

“Jika kamu tidak bergantung pada suatu zat tertentu atau alkohol, kamu mungkin merasa lebih percaya diri untuk menampilkan diri kamu yang sebenarnya," jelasnya.

Kamu bisa secara sadar mengetahui apakah ada kecocokan

Ketika kamu melakukan kencan pertama tanpa alkohol, bisa menunjukkan bahwa chemistry yang kamu bangun benar-benar apa adanya dan jujur. Dry dating juga membuat kamu memiliki percakapan yang otentik.

Kamu bisa merencanakan kencan yang lebih kreatif

Alih-alih bertemu di bar atau restoran, kamu bisa berpikir kreatif untuk kencan yang lebih menarik dan berbeda. Kamu bisa melakukan kegiatan lain untuk menemukan minat dan kesenangan bersama.

Kamu akan lebih aman

Minum alkohol berlebihan bisa memicu hal-hal yang tidak diinginkan, tak terkecuali saat kencan pertama. Itulah kenapa dry dating bisa memberimu kesempatan untuk lebih mengenal pasangan lebih dalam dan membangun percakapan yang bermakna.

Baca Juga: Mengenal Infla Dating, Tren Hubungan Tahun 2023!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya