TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Efek Penggunaan Media Sosial yang Berlebihan pada Hubungan Asmara

awas jangan berlebihan bermain medsos ya! 

Ilustrasi pasangan (pexels.com/Polina Zimmerman)

Di zaman yang serba canggih saat ini rasanya semua orang sudah memiliki akun media sosial. Media sosial bak menjadi tempat untuk mengekspresikan segala macam perasaan dari susah sampai senang. Selain itu media sosial sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam hidup kita. 

Namun pemakaian medsos secara berlebihan bisa mendatangkan efek negatif, lho. Salah satunya bisa memengaruhi kualitas hubunganmu dengan pasangan. Nah, berikut lima efek buruk penggunaan media sosial secara berlebihan pada kualitas hubungan asmaramu.

1. Kehilangan waktu kebersamaan dengan pasangan 

pexels.com/@Trung Nguyen

Efek buruk yang pertama yaitu dapat menghilangkan waktu kebersamaan dengan pasangan. Waktu yang seharusnya bisa kamu manfaatkan untuk ngobrol bareng, saling berbagi cerita, atau jalan-jalan misalnya harus direnggut dengan kesibukan masing-masing untuk bermain media sosial. Karena tidak jarang hubungan menjadi renggang akibat waktu bersama malah sibuk dengan ponsel masing-masing. 

2. Sering membandingkan kehidupan asmara dengan orang lain 

pexels.com/Artem Beliaikin

Efek buruk selanjutnya yaitu bisa membuat kita jadi suka membanding-bandingkan hubungan yang kita jalin dengan kisah asmara orang lain. Kita jadi menuntut ini itu dan berekspektasi lebih terhadap pasangan supaya menjadi orang yang kita inginkan. Padahal setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam mengungkapkan cinta dan perasaannya. 

Baca Juga: 5 Penyebab Putus Hubungan di Masa Awal Pacaran, Sepele tapi Fatal

3. Dapat memunculkan rasa cemburu 

pexels.com/Polina Zimmerman

Media sosial memungkinkan penggunanya untuk terhubung luas dengan orang lain. Kita bisa bebas berinteraksi dengan siapa saja, bisa melihat siapa yang berhubungan dekat, hingga bisa mengakses beragam informasi. 

Maka tidak heran hal itu dapat memunculkan masalah baru, seperti timbul rasa cemburu dan curiga terhadap pasangan. Jadi, supaya tidak menimbulkan masalah terhadap pasangan gunakan media sosialmu sewajarnya dan filter informasi yang masuk.

4. Menimbulkan rasa obsesi berlebih

pexels.com/cottonbro

Bukan tidak mungkin penggunaan media sosial yang berlebihan dapat memunculkan obsesi berlebih terhadap pasangan. Ketika menghabiskan waktu terlalu lama untuk scroll timeline, sering melihat instastory hubungan orang lain yang romantis.

Hal ini juga kadang menimbulkan rasa obsesi untuk membuat hubungan yang dijalin seperti kisah orang lain. Tentunya sangat berbahaya mengingat obsesi berlebih dapat menimbulkan hubungan yang tidak sehat. 

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Suka Berantem untuk Menyelesaikan Masalah, Temperamental!

Verified Writer

Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya