TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Penyebab Introvert Sulit Jatuh Cinta, Bangga atau Khawatir?

Setiap orang berbuat sesuai dengan keadaannya masing-masing

unsplash.com/matheus ferrero

Tiada yang lebih hebat dari seorang penipu sekalipun kecuali pribadi introvert, ia pandai menutup-nutupi semua kelakuan dan perasaan yang dia hadapi. Faktanya, dalam urusan percintaan juga lebih banyak memendam cintanya daripada mengungkapkannya, lantaran karena takut orang tersebut menolak atau mendapatkan respon negatif dari orang yang disukainya tersebut.

Pribadi yang satu ini memang unik sekaligus anggun dalam hubungan asmara, bagaimana tidak ia rela mendengar semua keluh kesah hingga mulutmu berbusa sekalipun.Tak banyak menuntut terhadap pasangan dan hatinya hanya terbuka pada satu orang yang menurut dia spesial, hal inilah yang menjadi nilai tambah dari seorang berkepribadian introvert.

Karena mereka telah tercipta untuk menyukai hal yang sifatnya tenang, jauh dari kebisingan, serta dalam melakukan segala sesuatunya lebih baik sendiri itu pun juga membuat mereka kadang berpikir terlalu dalam untuk menyukai orang lain. Namun dari semua pijakan yang telah diutarakan tadi, inilah lima alasan penting mengapa pribadi introvert itu sulit untuk menjatuhkan hatinya pada seseorang mari simak pemaparan berikut ini ya.

1. Tak mudah percaya pada orang lain

pexels.com/moose photos

Sebagai seorang introvert, mempercayai seseorang itu penting. Ibaratnya kepercayaan itu seperti kertas yang diremukkan ia tidak akan kembali dalam kondisi semula. Bagi mereka sebuah kepercayaan adalah yang tak bisa ditolerir lagi, karena ini menyangkut dengan kenyamanan pada diri mereka sendiri.

Untuk berkenalan kepada orang lain rasa gugup saja sudah menghinggap di dalam dada mereka sehingga sulit untuk beradaptasi lagi, butuh waktu yang sangat lama agar mereka benar-benar merasa nyaman. Introvert juga bukan seorang yang mudah dirayu tapi justru lebih suka pada pembuktian yang ditunjukkan secara perlahan-lahan, itulah sebabnya mereka tidak mudah percaya begitu saja pada orang lain.

2. Terlalu nyaman sendiri

unsplash.com/timo stern

Seorang introvert pada umumnya tidak menyukai keramaian, ia selalu saja takut akan suatu hal yang memang tidak akan pernah terjadi. Maka dari itu, sebisa mungkin ia menghindari pusat keramaian, apalagi saat ada acara kumpul bersama dia lah yang paling banyak pertimbangannya.

Tak hanya itu, dia juga terbiasa melakukan semuanya sendiri hal ini seperti sudah tertanam kuat pada diri mereka bahwa tidak perlu bantuan orang lain karena nantinya akan berlama-lama dengan orang tersebut akan timbul rasa canggung. Pribadi ini memang terlahir menjadi seseorang yang pendiam dan senang menghabiskan waktu sendirian penuh.

Hal tersebut bukan berarti menjadikan mereka anti sosial, tapi hanya kepada mereka saja yang dianggap telah membuat nyaman dan juga telah diberi sebuah kepercayaan penuh oleh sang introvert.

Baca Juga: 5 Idol Introvert yang Juga Leader, Bukti Kalau Introvert Juga Bisa!

3. Takut sakit hati

pexels.com/leah kelley

Putus cinta atau mengalami gagal cinta menjadi salah satu penyebab introvert sulit jatuh cinta, bisa jadi ini berlaku bagi kisah percintaan mereka sendiri atau mendengarkan dari kisah orang-orang yang ada di sekitarnya. Mereka enggan sakit hati terlalu dalam atau mengalami rasa sakit untuk kedua kalinya.

Apabila mereka menemukan seseorang yang mampu mengunggah hati maka tak sungkan introvert ini sering menjatuhkan hatinya secara diam-diam. Jadi, pribadi introvert ini sangat butuh untuk dimengerti tetapi mereka tidak pernah mengatakan sedikit pun bahwa mereka benar membutuhkannya. 

4. Terlalu pemilih

pixabay.com/jenfffjjppp

Introvert juga seorang yang sangat pemilih dan sangat selektif loh! Ia mempunyai ciri khusus untuk calon pasangannya nanti. Begitu banyak pertimbangan yang berkecamuk dalam isi kepala introvert sehingga seringkali ia dicap sebagai pengamat dadakan. Selain karena alasan kenyamanan dan kepercayaan, mereka juga sangat berharap agar nanti pasangannya bisa saling bertukar pikiran dan pendapat.

Gak heran kan, kalau banyak introvert yang betah menjomblo. Meskipun kelihatannya sangat tertutup dan pemilih mereka tidak pernah neko-neko kok soal pasangan di hidupnya, baginya mengerti akan perasaan mereka dan memberikan perhatian yang lebih dinilai sudah sangat cukup. 

Baca Juga: 9 Tokoh Besar dalam Sejarah Dunia Ini Ternyata Seorang Introvert

Verified Writer

Shafira Arifah

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya