TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Tidak Perlu Buru-Buru Berpacaran, Nikmati Masa Single Kamu

Single juga ga buruk-buruk amat, kok

ilustrasi single happy (pexels.com/cottonbro)

Pertanyaan tentang kapan kamu bisa kembali merajut hubungan asmara mungkin pernah terlintas dalam pikiran. Kegalauan karena belum punya pasangan bakal jadi masalah panjang yang tidak pernah selesai. 

Jangan khawatir jika sampai saat ini masih menjomblo. Save the best for the last, berikut lima alasan kuat yang menyemangatimu bahwa menjadi single tidak seburuk itu, kok.

1. Jadi punya waktu lebih untuk me time

ilustrasi menonton film di rumah (pexels.com/Cottonbro)

Semakin banyak tanggung jawab yang dipikul tentu akan berbanding terbalik dengan waktu yang kamu miliki. Ketika sudah memiliki pasangan, kamu akan punya ikatan dengan orang tersebut, di mana waktu pribadimu akan terbagi dengannya. 

Dengan menjadi single, kamu akan punya fokus yang lebih ke diri sendiri. Prioritasmu hanya ke diri sendiri. Kamu bebas melakukan berbagai hal yang kamu mau tanpa harus izin ke siapa pun.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Jadi Single di Hari Valentine Gak Seburuk yang Dikira

2. Kebebasan untuk membuat keputusan

ilustrasi liburan (pexels.com/Artem Beliaikin)

Dengan menjadi single, kamu bebas melakukan apa pun. Waktu yang kamu miliki bisa dilakukan untuk melakukan berbagai hal yang kamu mau. Bahkan kamu bebas mengejar mimpimu setinggi-tingginya, tanpa harus meminta pertimbangan pasangan. Rencana-rencana spontan bisa kamu realisasikan tanpa membingungkan apa respon pasanganmu. All decision is yours!

3. Waktunya untuk berbenah diri dulu

ilustrasi belajar memasak (pexels.com/Andrea Piacqiadio)

Mematok sebuah standar ke orang lain tanpa ada keinginan untuk meningkatkan diri sendiri adalah suatu bentuk keegoisan. Jika mau mendapatkan pasangan yang sesuai dengan kriteriamu, berkaca diri dulu.

Apakah kamu merasa sudah bisa menjadi pasangan yang sepadan dengan kriteria itu? Jangan-jangan nanti timpang hubungannya. Jika merasa belum bisa sepadan, maka masa single adalah saat yang tepat untuk memperbaiki diri. Bangun kebiasaan baik dan tinggalkan kebiasaan buruk.

4. Saatnya memperluas koneksi!

ilustrasi pertemanan (pexels.com/Monstera)

Inilah waktu yang tepat untuk berjumpa banyak orang, mengenal berbagai karakter, dan budaya. Hal yang lebih menguntungkannya lagi adalah kamu bebas melakukan scanning ke lawan jenis dengan kriteria yang sudah dimiliki.

Tidak ada yang mengikat kamu. Siapa tahu kamu menemukan jodohmu saat sedang memperluas pertemanan, kan?

Baca Juga: 6 Fakta Menjadi Single Itu Sehat, Nikmati Masa Lajangmu

Verified Writer

Stephanie Priyanka

A daily learner. Having a balance life through writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya