TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menghadapi Penolakan dari Gebetan, Jangan Galau!

Terima penolakan tersebut dengan lapang dada

ilustrasi pasangan (pexels.com/Jep Gambardella)

Mengutarakan perasaan pada seseorang yang disukai sebetulnya merupakan hal yang sangat umum. Memang setiap orang memiliki hak tersendiri untuk mengutarakan perasaan yang meski respon yang diberikan tentu saja beragam, sebab bisa saja perasaan tersebut diterima atau justru sebaliknya.

Mungkin jika kamu mencoba untuk mengutarakan perasaan pada gebetan, maka belum tentu gebetanmu bisa menerima hal tersebut. Jika ternyata gebetanmu memberikan penolakan atas pernyataan cinta yang kamu tunjukkan, maka ada beberapa tips berikut ini dalam menghadapinya agar tidak sampai terlalu galau.

1. Jangan menyalahkan diri

ilustrasi berpikir (pexels.com/Ariel Paredes)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan tidak menyalahkan diri sendiri atas apa yang sudah terjadi. Tentunya kamu tidak bisa mengontrol perasaan dirimu dan juga perasaan dari gebetanmu, sehingga dalam hal ini memang tidak ada yang salah.

Jika kamu hanya menyalahkan diri saja, maka hal ini justru akan membuatmu semakin terpuruk. Dampaknya kamu jadi tidak bisa move on, sehingga sulit untuk benar-benar menerima penolakan dari gebetan.

2. Berusaha untuk tetap bersikap tenang

ilustrasi pasangan mengobrol (pexels.com/Katerina Holmes)

Tidak ada orang yang baik-baik saja apabila mendapatkan penolakan dari seseorang yang disukainya. Wajar rasanya apabila kamu mungkin akan menunjukkan gestur kecewa dan marah atas penolakan yang diberikan oleh gebetan tersebut, sehingga ini menjadi sesuatu yang sangat wajar terjadi.

Satu hal penting yang perlu kamu ingat adalah dengan tetap berusaha untuk bersikap tenang dalam menghadapi segala sesuatunya, sehingga tidak sampai tertekan. Jika kamu sampai terbawa emosi maka hal ini justru hanya akan menyebabkan masalah baru, sehingga tentu akan lebih baik jika kamu dapat mengontrol diri untuk tetap bersikap tenang.

Baca Juga: 5 Cara Bikin Gebetan Ingin Kencan Setiap Ada Waktu Luang

3. Jangan memaksanya

ilustrasi pasangan (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Kamu mungkin bisa belajar bagaimana caranya untuk menerima penolakan dari gebetan. Salah satu caranya adalah dengan tidak memaksa jika memang gebetanmu belum bisa menerima perasaanmu, sehingga hal ini tidak sampai menyebabkan rasa tidak nyaman atau pun terganggu dari dirinya.

Banyak orang yang sering kali memaksa apabila perasaannya ditolak perasaannya, sehingga justru membuat gebetan menjadi semakin risih. Oleh sebab itu, belajarlah untuk menerima keputusan gebetan, sehingga tidak sampai melakukan hal-hal yang tidak semestinya.

4. Validasi segala perasaan yang dimiliki

ilustrasi sedih (unsplash.com/whoislimos)

Pada saat menerima penolakan dari gebetan mungkin kamu akan mengalami perasaan campur aduk. Segala macam perasaan seperti bahagia, senang, sedih, marah, kecewa, dan lain sebagainya mungkin akan saling bercampur dan menyebabkan rasa tidak nyaman dalam hatimu.

Tentunya kamu perlu memvalidasi segala perasaan yang kamu miliki saat ini, sebab itulah caramu agar bisa berdamai dengan keadaan. Namun, jika kamu tidak mampu memvalidasi segala perasaan tersebut, maka hal ini hanya akan menyulitkan dirimu sendiri untuk bisa benar-benar bangkit dan menerima penolakan dari gebetan.

Verified Writer

Abdi K Tresna

Hi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya