TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Segera Menikah Itu Lebih Baik Ketimbang Pacaran Lama-lama

#AdaCinta Salah satunya bisa menekan potensi galau yang berlebihan

Unsplash/IvanCabanas

Masih pacaran? Duh, sebaiknya kalian segera putus dan memutuskan deh. Halalkan atau tinggalkan. Percayalah, hanya ada dua pilihan itu yang terbaik untuk masa depan.

Pacaran memang identik dengan fase perkenalan atau penjajakan untuk mencari kecocokan. Tapi, nyatanya tidak begitu. Kamu justru mengalami kerugian yang lebih banyak ketimbang mendapatkan keuntungan sesuai ekspektasimu. Si dia atau bahkan kamu bisa datang dan pergi sesuka hati tergantung keuntungan yang ingin didapatkan. Belum ada rasa tanggungjawab yang melandasi hubungan kalian.

Sedangkan pernikahan, tidak demikian. Ada tanggung jawab penuh di dalam hubungan yang kalian bangun. Ada komitmen sejati yang sedang kalian jalani.

Itu sebabnya, segera menikah jauh lebih baik ketimbang berlama-lama di fase pacaran. Selain itu, ada beberapa alasan lain yang harus kamu ketahui dari kebaikan  menyegerakan pernikahan bagi pasangan yang sudah saling suka. Yuk, simak!

1. Agar kalian lebih serius

Unsplash/AlexIby

Tidak berlebihan jika keseriusan seseorang dalam hubungan ditandai dengan ketegasannya memutuskan untuk menikah. Jika kamu sudah mantap mengatakan 'ya' untuk menikah, artinya kamu sudah berpikir tidak main-main. Segala sesuatu yang berkaitan pernikahan sudah kamu eksplorasi untuk diketahui dan dipahami secara mendalam.

2. Kalian lebih cepat mandiri

Unsplash/freestock

Pernikahan merupakan cara percepatan kemandirianmu dalam kehidupan. Kamu akan mengandalkan pasangan dalam memecahkan masalah apapun. Sebab, orangtua sudah bukan masanya ikut campur lagi. Sebagai suami, kamu adalah orang yang memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga. Sebagai istri, kamu adalah orang yang bertanggung jawab penuh atas urusan isi rumah. Tidak ada orang lain yang melakukannya selain kalian.

3. Hidup kalian lebih aman dan tenang

Unsplash/InnaLesyk

Meskipun pernikahan punya banyak ujian, sejatinya hati kalian justru lebih aman dan tenang. Dibandingkan saat pacaran, rasa was-was lebih mendominasi karena belum ada ikatan sah yang menjadi alasan kita untuk berbuat lebih. Ada rasa takut sekaligus resah. Takut dosa tapi juga resah jika harus kehilangan.

4. Agar kalian lebih memahami bahwa cinta bukan sekadar romantis

Unsplash/VladimirKudinov

Sejatinya, menikah bukan sebatas sarana luapan cinta yang tepat. Justru dari pernikahan, sebuah masa depan bangsa yang baik itu dimulai. Negara kita diliputi problem yang kompleks. Muncul krisis moral di mana-mana yang sangat menggelisahkan. Punca masalah itu semua ada di keluarga yang tidak harmonis.

Kalian harus banyak belajar dan membuka diri untuk mencari cara menjadi pasangan yang ideal di segala aspek. Kalian tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan finansial, tapi juga memiliki karakter, sikap dan sifat yang semakin baik ketimbang sebelum menikah.

Verified Writer

Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya