Comscore Tracker

Pahami 7 Hakikat Cinta Ini Sebelum Mengikat Janji dengan Pasangan

Ingin menikah? Pastikan sudah benar-benar siap ya

Mencintai itu mudahnya seperti membenci, kita harus berhati-hati. Terkadang kita sangat menyayangi seseorang, tetapi ketika kita terluka, muncullah rasa kecewa bahkan benci. Langsung saja geser ke bawah ini ada 7 hakikat cinta yang mesti dipahami.

1. Cinta itu sederhana

Pahami 7 Hakikat Cinta Ini Sebelum Mengikat Janji dengan PasanganPexels.com/Inna Lesyk

Cinta adalah hal yang sederhana, namun seringkali manusia menjadikannya rumit dengan syarat kemewahan yang memang tidak terlalu penting. Adanya cinta bisa mempertemukan dua insan yang berjauhan, sekalipun insan yang satu berada di sebrang lautan dan satu lagi di balik pegunungan.

Jika memang berjodoh pasti ada saja kebetulan dan keajaiban tuhan atas takdirnya.

Sebagai manusia, kita hanya harus melakukan yang terbaik tanpa putus asa. Baik dalam hal usaha mengais rezeki maupun juga mengejar cinta. Yang dibutuhkan adalah kesungguhan dalam menjaga keharmonisan dan kehati-hatian agar tidak tergelincir ke jalan yang salah. 

2. Kesetiaan dibuktikan dengan perbuatan

Pahami 7 Hakikat Cinta Ini Sebelum Mengikat Janji dengan PasanganPexels.com/rawpixel.com

Kalimat manis penuh gombal bukanlah bentuk kesetiaan, karena sesungguhnya kesetiaan itu dibuktikan dengan perbuatan, dan waktulah yang menjadi saksi. Tidak peduli bagaimana keadaan pahit manis kita memperjuangan cinta, itulah kesetiaan sebenarnya.

Berbicara soal kesetiaan, maka pacaran bukanlah bentuk cinta yang setia, tetapi dengan pernikahanlah jalan yang benar untuk mewujudkan kesetiaan. Sebaiknya kita menghindari pacaran, karenanya secara tidak langsung, kita akan menyugesti diri kita sendiri untuk membenarkan apa-apa yang kebetulan terjadi menjadi pemanis hubungan dengan pacar, dan itu sebenarnya membebani diri karena kita menjadi terbelenggu oleh ilusi yang kita buat sendiri.

3. Mencintai karena hati

Pahami 7 Hakikat Cinta Ini Sebelum Mengikat Janji dengan PasanganPexels.com/Stokpic

Mencintai hendaknya karena hati, bukan karena materi atau juga fisik. Jika kita mencintai dengan hati, maka kita tidak akan mengukur-ukur kelebihan dan kekurangan pasangan, namun kita akan memilih untuk saling menopang dan bertumbuh bersama menjadi lebih baik.

Memang yang seharusnya menjadi pegangan para pelaku cinta adalah saling mendukung, baik saat senang maupun susah.

Baca Juga: 5 Alasan Putus Cinta Berikan Dampak Positif pada Hidupmu

4. Cinta tidak selalu menyenangkan

Pahami 7 Hakikat Cinta Ini Sebelum Mengikat Janji dengan PasanganPexels.com/burak kostak

Seperti pohon, untuk tumbuh tinggi memerlukan waktu belasan hingga puluhan tahun, tapi menebangnya amat singkat hanya beberapa detik saja. Begitu pula cinta, untuk memeliharanya tidak cukup waktu sebentar, tapi harus lama dan selamanya.

Kita harus sabar dan terus menjalin komunikasi yang baik sambil menurunkan ego masing-masing. Oleh karena itu teguhlah dalam komitmen dan kepercayaan terhadap pasangan.

5. Tujuan cinta adalah untuk jangka panjang

Pahami 7 Hakikat Cinta Ini Sebelum Mengikat Janji dengan PasanganPexels.com/David Bussieres

Cinta merupakan hal yang serius dan tidak untuk main-main. Agama telah mengatur segala norma tentang cinta. Jangan sampai karena cinta, kita menjadi buta dan melanggar tata tertib beragama.

Hendaklah kita ikuti petunjuk agama yaitu memilih pasangan dilihat dari 4 hal: yaitu, harta, garis keturunan, kecantikan rupa bagi perempuan atau ketampanan bagi laki-laki, dan pengetahuan agama dan ketaatan beribadah seseorang. Namun utamakanlah segi ketaatan beribadah dan pengetahuan agamanya, karena ini yang paling penting agar bisa saling membimbing dalam kebenaran dan jalan yang diridhoi oleh Tuhan.

6. Kita yang mengendalikan perasaan

Pahami 7 Hakikat Cinta Ini Sebelum Mengikat Janji dengan Pasanganpexels.com/Victoria Borodoniva

Seringkali kita salah persepsi, kita menginginkan cinta kita berbalas, kita ingin tahu apakah kita dicintai oleh dia atau tidak. Sebenarnya sikap seperti itulah yang menghadirkan kekecewaan, seharusnya kitalah yang mengendalikan segala harapan.

Tidak peduli mau seberapa banyak kita diperhatikan oleh seseorang, asalkan kita mampu mengendalikan hati, maka semua itu bukanlah masalah bagi kita. Perasaan mudah sekali berubah, bisa saja hari ini sangat sayang, tiba-tiba lusa sudah benci. Maka jadilah pengendali yang ahli dalam urusan perasaan. 

7. Ada waktunya untuk memiliki

Pahami 7 Hakikat Cinta Ini Sebelum Mengikat Janji dengan PasanganPexels.com/Megapixelstock

Tidak melulu yang disegerakan itu baik, jangan sampai memaksakan kehendak untuk memiliki. Kalau memang belum siap dan kita rasa belum pantas, bukan berarti kita tidak cinta. Akan tetapi itulah kesempatan kita untuk mempersiapkan sekaligus memantaskan diri sebelum mengikat janji. 

Mengejar cinta sebenarnya adalah memberanikan diri dengan kesiapan-kesiapan dan kematangan untuk mendatangi orang tuanya lalu membawa rombongan keluarga. Betul?

Jangan lupa share ke sahabat yang menurut kamu harus baca ini ya : )

Baca Juga: 9 Alasan Mengapa Wanita Bisa Pergi Meski Dia Sangat Mencintaimu

Jihan Syehar Photo Community Writer Jihan Syehar

jihansyehar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You