TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kesalahan Dalam Rutinitas Merawat Wajah Ini Justru Memicu Jerawat

Kalau gini, pakai skincare semahal apapun jadi sia-sia

instagram.com/thebodyshop

Membersihkan wajah dan mengaplikasikan produk perawatan kulit adalah rutinitas harian sederhana yang biasa dilakukan perempuan demi menjaga kulit tetap bersih, sehat, dan terbebas dari masalah, seperti jerawat, noda hitam, bruntusan, dan sebagainya.

Sayangnya, tak sedikit perempuan yang melakukan rutinitas perawatan wajah tersebut dengan cara yang salah. Dampaknya, alih-alih membuat penampilan wajah menjadi menarik, yang ada hal tersebut justru akan merusak lapisan kulit dan memicu munculnya berbagai masalah, salah satunya jerawat.

Berikut beberapa kesalahan yang kerap dilakukan perempuan dalam merawat wajah yang justru akan memicu timbulnya jerawat.

1. Tidak memakai tabir surya dengan benar

self.com

Mengaplikasikan tabir surya adalah cara terbaik untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan sinar UV, termasuk membantu mengurangi risiko kanker kulit. Selain itu, tabir surya juga membantu mengurangi frekuensi atau tingkat keparahan jerawat.

Sebab, terlalu sering terpapar sinar matahari dapat membuat kulit menjadi kering. Sebagai kompensasi, kulit akan meningkatkan produksi minyak yang kemudian dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan sering berjerawat. Cara yang benar dalam mengaplikasikan tabir surya adalah tidak terlalu banyak, karena dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Baca Juga: Hindari bahan Kimia, Ini 6 Kandungan Skincare Berbahan Alami

2. Tidak membilas sisa cleansing water

lorealparisusa.com

Ingatlah untuk selalu membilas sisa cleansing water setelah kamu menggunakannya. Sebab, kendati cleansing water menggunakan bahan yang lebih lembut daripada busa pembersih, cleansing water tetap mengandung surfaktan, yang merupakan bahan utama dalam deterjen yang fungsinya untuk membersihkan minyak dan lemak.

Membiarkan bahan ini terus menempel di kulit tentunya dapat menimbulkan berbagai masalah, salah satunya adalah jerawat. Untuk itu, pastikan kamu selalu membilas wajah dengan air bersih setelah menggunakan produk cleansing water

3. Merawat seluruh bagian kulit dengan cara yang sama

instagram.com/lorealskin

Pahami bahwa tidak semua area kulit wajah membutuhkan perawatan yang sama. Oleh karena itu, pastikan kamu memberikan perawatan sesuai dengan kebutuhan masing-masing bagian. Misalnya, hanya oleskan masker bentonite clay di area yang berminyak, seperti hidung dan dahi. Kemudian oleskan masker yang sifatnya menghidrasi pada bagian yang kering.

4. Kebiasaan membersihkan kulit secara agresif

thewindherald.com

Rutinitas membersihkan kulit dengan agresif, seperti membersihkan kulit terlalu sering, terlalu lama, dan menggunakan pembersih berbahan keras dapat menyebabkan kerusakan lapisan barrier kulit.

Rusaknya lapisan ini dapat menyebabkan berbagai pengaruh negatif dari luar, seperti sinar UV, debu, bakteri, dan sebagainya mudah mengenai dan merusak kulit. Dampaknya, kulit akan mudah terkena berbagai masalah, seperti kemerahan, iritasi, terbakar, dan jerawat.

Baca Juga: Skincare 101: Perbedaan Antara Tahi Lalat, Bintik, dan Tanda Lahir

Verified Writer

Eka Ami

https://mycollection.shop/allaboutshopee0101

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya