TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jerawat Punggung? Ini 5 Hal Kecil yang Harus Diperhatikan

Semakin pede pakai baju apa aja!

allure.com

Memiliki jerawat memang hal yang menyebalkan, apalagi memiliki jerawat di punggung. Gak lagi deh menggunakan backless-dress atau menggunakan tanktop. Say, no more!

Ada banyak faktor yang mungkin tidak kamu ketahui yang menyebabkan timbulnya jerawat di punggung. Dan banyak juga hal yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan atau mencegah jerawat datang kembali. Yuk coba cek!

1. Pemakaian produk yang dapat menyumbat pori-pori

independent.co.uk

Kamu tipe yang keramas menggunakan conditioner? Nah, kamu harus lebih perhatikan lagi cara pemakaian conditioner. Saat memakai conditioner, kamu harus benar-benar memastikan bahwa sisa-sisa conditioner yang menempel di punggung hilang. Sehingga tidak ada sisa minyak yang terperangkap di pori-pori kulitmu.

Cara mengakalinya, lebih baik kamu mencuci rambut dulu saat mandi, kemudian dilanjutkan dengan membersihkan tubuh menggunakan sabun. Jadi tidak ada sisa conditioner yang menempel di punggung yang akan menyumbat pori-pori kulitmu.

2. Gantilah bajumu sesudah berolahraga

unsplash.com/Becca Matimba

Jangan meremehkan setiap makanan yang masuk ke dalam tubuhmu lho! Gak hanya memberikan nutrisi untuk tubuh, setiap makanan juga memberi nutrisi untuk kulitmu. Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa terlalu banyak minum atau memakan makanan yang mengandung susu dapat memicu tumbuhnya jerawat lho. Jika kamu sedang diet atau membentuk tubuh dengan mengonsumsi susu, mungkin porsinya bisa dikurangi deh.

Baca Juga: Biar Tak Parah, Ini 5 Rekomendasi Concealer untuk Kulit Berjerawat

3. Bersihkan punggung dengan benar saat mandi

unsplash.com/bruce mars

Pasti banyak diantara kalian yang saat mandi terburu-buru untuk membersihkan bagian punggung. Terlihat sepele mungkin, namun punggung juga menjadi salah satu spot yang rawan dengan tumbuhnya jerawat lho!

Meskipun susah untuk dijangkau, kamu pastikan deh membersihkan bagian punggung dengan benar. Layaknya dengan kulit wajah, kulit punggung juga membutuhkan pengelupasan sel kulit mati lho.

4. Pola makan yang tidak seimbang

unsplash.com/ rawpixel

Jangan meremehkan setiap makanan yang masuk ke dalam tubuhmu lho! Gak hanya memberikan nutrisi untuk tubuh, setiap makanan juga memberi nutrisi untuk kulitmu.

Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa terlalu banyak minum atau memakan makanan yang mengandung susu dapat memicu tumbuhnya jerawat lho. Jika kamu sedang diet atau membentuk tubuh dengan mengonsumsi susu, mungkin porsinya bisa dikurangi deh.

Baca Juga: Hati-hati, 7 Kebiasaan Mandi Ini Bisa Memunculkan Jerawat Muka & Tubuh

Verified Writer

Erventina Elisabeth

Hello! :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya