TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Alasan Kenapa Malam Adalah Waktu Teroptimal untuk Gunakan Skincare

Jangan remehkan tidur malam, ya!

Unsplash/alexagorn

Setelah lelah menjalani rutinitas seharian penuh, kamu pasti tak sabar untuk segera merebahkan diri ke kasur dan tidur. Eits, tapi jangan buru-buru tidur! Kamu perlu membersihkan bekas make-p dan kotoran yang menempel di kulit wajahmu setelah seharian beraktivitas.

Tahukah kamu bahwa selagi kamu tertidur lelap, ternyata tubuhmu sibuk merawat dan meremajakan kulit? Tahukah kamu bahwa produk perawatan kulit bekerja lebih baik ketika tidur malam? Disimak, yuk, alasan-alasan kenapa malam adalah waktu merawat kulit paling optimal!

1. Kulitmu memperbaiki diri

Pexels/@ximenamora

Ketika kamu tertidur lelap, tubuhmu memproduksi hormon yang memperbaiki kerusakan-kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi, dan membentuk sel-sel baru supaya kamu bisa bangun terlihat segar. Aliran darah di balik kulit juga meningkatkan dan menyediakan nutrisi yang cukup untuk meremajakan penampilanmu.

Tidur cukup dan pulas juga membantu darah membawa lebih banyak oksigen ke sel-sel, sehingga kulit dapat memperbaiki diri lebih cepat.

2. Produk perawatan kulit bekerja lebih baik

Pexels/@rawpixel

Kamu keliru kalau melewatkan ritual kecantikan saat hendak tidur. Padahal, beberapa produk perawatan kulit bekerja lebih efektif ketika kamu tidur malam. Hal ini dikarenakan tubuhmu sedang tidak sibuk melawan paparan sinar matahari dan polusi. Ketika malam hari, aliran darah ke kulit meningkat, sehingga kulitmu bisa menyerap kandungan nutrisi pada produk-produk perawatan kulit lebih baik.

Baca Juga: Fakta Skincare yang Perlu Kamu Ketahui, Newbie Wajib Baca Nih!

3. Kulitmu memproduksi kolagen

Pexels/@pixabay

Kolagen merupakan protein penting yang menjaga kulitmu tetap kencang dan kenyal. Ketika kamu tidur cukup, kulitmu akan memproduksi kolagen yang cukup untuk membuat kulit lebih lembut dan kenyal. Sebaliknya, ketika kurang tidur, kulitmu akan kehilangan elastisitasnya karena kekurangan kolagen. Oleh karena itu, kulit wajahmu jadi tampak mengendur dan memiliki garis-garis halus.

4. Mengurangi bengkak pada wajah

Pexels/@minan1398

Ketika kamu tidur, tubuhmu akan bekerja untuk mengatur kelembaban pada kulitmu. Area-area yang kering akan mendapatkan kelembaban yang cukup, dan area-area yang mengalami kelebihan akan berkurang. Hal ini membuat garis halus dan kantung mata menjadi hilang tersamarkan. Saat kamu terbangun, kulit wajahmu tampak lebih bersinar.

5. Rambutmu menjadi lebih mudah diatur

Pexels/@pixabay

Ketika kamu kurang tidur, aliran darah menjadi kurang maksimal. Akibatnya, rambutmu hanya akan mendapatkan sedikit nutrisi. Tidur cukup dapat mengurangi stres di dalam tubuh, sehingga kulit dan rambutmu dapat tumbuh dengan sehat dan baik. Rambutmu menjadi lebih mudah diatur dan kuat.

6. Membantumu menjaga berat badan

Pexels/@pixabay

Kurang tidur dapat meningkatkan hormon yang membuatmu mudah lapar dan ingin makan-makanan yang mengandung banyak kalori dan karbohidrat. Tidur cukup saat malam hari dapat mengurangi salah satu faktor risiko obesitas. Mereka yang tidur cukup cenderung makan lebih sedikit kalori dari mereka yang kurang tidur.

Baca Juga: Cara Pemakaian Skincare yang Benar Agar Wajahmu Glowing Maksimal

Verified Writer

Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya