TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Awas, 5 Kandungan dalam Lip Balm Ini Bikin Bibir Kering 

Cek komposisi lip balm kamu, ya! #IDNTimesLife

Perempuan memakai lip balm. (stylevanity.com)

Orang pakai lip balm tentu saja untuk mengatasi kekeringan pada bibir. Untuk itu, di dalamnya terkandung bermacam-macam bahan yang berfungsi untuk melembapkan bibir. Namun, buat beberapa orang, justru bahan yang melembapkan ini membuat bibir mereka semakin parah kondisinya.

Ingat, bibir kering jangan dijilat karena saliva akan membuatnya semakin kering. Dilansir The Skincare Edit, cek apakah bahan ini ada dalam lip balm kamu.

1. Vitamin E 

vitamin E (feedstrategy.com)

Vitamin E kerap diketahui bagus untuk menutrisi kulit dan melembutkannya. Vitamin ini kerap terkandung dalam lip balm baik untuk bibir kering. Namun, jangan salah, kalau ada yang gak cocok, kandungan ini justru bikin bibir semakin kering.

Coba pilih lip balm dengan kandungan nonvitamin E, tapi memiliki manfaat untuk melembapkan bibir kering hingga pecah-pecah. Kamu bisa baca ulasan tentang varian lip balm yang kamu ingin beli untuk memastikannya.

Baca Juga: 8 Skincare Lokal yang Unggul Merawat Skin Barrier biar Gak Bermasalah

2. Beeswax

beeswax (mountainroseherbs.com)

Pelembap alami ini kerap jadi bahan untuk melembapkan bibir yang efektif. Sayangnya, gak semua orang menerima beeswax dengan baik. Bukannya menjadi lembap, bibir justru bisa semakin kering setelah memakainya. Wah, jangan sampai salah pilih, ya.

Beeswax dipilih menjadi komposisi lip balm karena merupakan bahan yang bersifat humektan. Artinya, beeswax akan menyerap air di sekitarnya sehingga membantu melembapkan bibir.

3. Castor oil

castor oil (purewow.com)

Castor oil atau minyak kastor kerap dijadikan komposisi lip balm. Pada beberapa orang, memang bahan ini bisa melembapkan bibir dan mencegahnya jadi lebih kering. Namun, ada juga yang kondisi bibirnya gak cocok dengan minyak kastor. Ketidakcocokan bibir membuatnya justru semakin kering.

Gak hanya castor oil, beberapa minyak alami memang bisa menyebabkan alergi pada bibir. Kandungan minyak yang seharusnya menjadikan bibir lebih sehat justru bisa memperparah kondisi kulit bibir.

4. Lanolin

ilustrasi lanolin (n-essentials.com.au)

Termasuk pelembap, lanolin jadi komposisi penting untuk mencegah kekeringan pada kulit. Lanolin sendiri bisa untuk kulit tubuh bahkan kulit bibir. Untuk itu, para produsen lip balm menambahkan bahan lanolin untuk membantu melembapkan bibir. Dengan memakai ini, harapannya kulit bibir bebas kekeringan dan lebih sehat. Sayangnya, yang gak cocok bakal bikin tambah kering.

Lanolin bukan termasuk bahan yang kerap dipakai dalam lip balm. Misalnya, kamu menemukan lanolin di dalam komposisi lip balm, tetapi berada di deretan belakang. Hal ini menandakan bahwa kandungannya hanya sedikit dan aman dipilih.

Baca Juga: 5 Tanda Skincare yang Kamu Gunakan Bekerja dengan Baik, Sudah Tahu?

Verified Writer

Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya