TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Independent Women Versi Yenny Wahid, Dirut AirAsia, dan Bos Plataran

Independent women bukan berarti lonely

Acara IMGS 2023, Feminine Narratives Unveiled: Authentic Conversations on Women's Lived Experiences pada Minggu (26/11/2023). (dok. IDN Media)

Jakarta, IDN Times - Istilah independent women memang tengah ramai menjadi perbincangan di media sosial. Pasalnya, banyak perempuan yang sekarang berlomba-lomba menjadi independent women. Di sisi lain, ada juga anggapan bahwa independent women biasanya susah dapat pasangan.

Lantas, bagaimana posisi independent women saat ini? Apakah benar, independent women selalu sendirian dan kesepian? Dalam acara Indonesia Millennials and Gen-Z Summit 2023 di sesi ‘Feminine Narratives Unveiled: Authentic Conversations on Women’s Lived Experiences’ IMGS 2023 pada Minggu (26/11/2023) di Senayan Park, hadir Yenny Wahid (Politisi), Veranita Yosephine Sinaga (Direktur Utama AirAsia Indonesia), dan Anandita Makes Adoe (CSO Plataran Indonesia). Ketiga perempuan hebat ini mengungkapkan definisi dan kedudukan independent women menurut versinya masing-masing. Penasaran?

1. Yenny Wahid: Independen bukan berarti lonely!

Yenny Wahid dalam acara IMGS 2023, Feminine Narratives Unveiled: Authentic Conversations on Women's Lived Experiences pada Minggu (26/11/2023). (dok. IDN Media)

Menurut Yenny Wahid, perempuan independen itu bukan berarti selalu sendirian dan kesepian. Bukan hal yang salah juga untuk menjadi perempuan independen. Karena pada akhirnya, sebagai manusia, tentunya ada juga beberapa hal dalam hidup kita yang membutuhkan orang lain. Hanya saja, secara emosional kita bisa mandiri dan berdiri di kaki sendiri.

"Dari pengalaman saya, laki-laki independen biasanya akan mencari perempuan yang independen juga. Jadi, jangan takut untuk menjadi perempuan yang independen. Karena independen itu bukan berarti lonely. Kita boleh kok dependen terhadap orang lain untuk hal-hal tertentu. Namun, secara emosional, nilai diri kita, kita independen dalam menentukan nilai diri kita," kata Yenny.

Yenny menutup persepsinya ini dengan menyebutkan bahwa, independen berarti kita bisa mengetahui value diri kita. Jadi, kalau misalnya ada laki-laki yang gak bisa menghargai kita, maka dia bukan orang yang tepat untuk kita.

2. Veranita sebut, perempuan independen maksudnya gak terlalu bergantung pada orang lain untuk perkembangan dirinya

Veranita Yosephine Sinaga dalam acara IMGS 2023, Feminine Narratives Unveiled: Authentic Conversations on Women's Lived Experiences pada Minggu (26/11/2023). (IDN Times/Tata Firza)

Argumen serupa disampaikan juga oleh Veranita. Menurutnya, perempuan independen itu artinya memang bukan berarti selalu sendirian atau seorang diri. Contohnya, Veranita sebagai CEO di AirAsia, tentunya bukan berarti di perusahaan AirAsia dia bekerja sendirian. Dia tetap membutuhkan orang lain. Namun, bukan dalam konteks terlalu bergantung pada orang lain.

"Independen artinya kita bisa merealisasikan, gak terlalu tergantung pada orang lain sehingga kita sulit untuk berkembang secara mandiri. Bukan berarti kita gak butuh lain. Saya berkolaborasi dengan orang yang bisa melengkapi skill yang saya gak bisa. Jadi saya bisa elaborasikan skill saya, sehingga bisa lebih berdampak bagi orang lain. Independen bukan berarti sendirian," ucapnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya