TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Kesalahan Ber-Makeup Ini Dapat Membuat Kulit Wajah Cepat Rusak

Sebaiknya hindari ya

Goodfon

Sekarang makeup telah menjadi kebutuhan sehari-hari. Namun, perlu diingat kalau memakainya terlalu berlebihan dan gak tepat bisa membuat kulitmu rusak.

Beberapa kebiasaan yang mungkin saja kamu lakukan bisa saja memperparah kondisi kulit kamu atau menghasilkan makeup yang gak maksimal. Kalau kamu belum tahu, bisa simak kesalahan dalam ber-makeup di bawah ini:

1. Tidak memakai pelembab atau skincare

Guolko

Perlu ditekankan bahwa makeup berbeda dengan skincare. Makeup hanya berfungsi untuk mempercantik, sedangkan skincare berfungsi untuk merawat kulit. Krim pelembap termasuk ke dalam skincare, karena berfungsi untuk melembapkan wajah. Ketika wanita lebih sering menggunakan makeup, tanpa skincare, maka tidak ada nutrisi yang masuk ke dalam kulit wajahnya. Maka, wajah akan cepat menua, kering, rusak dan mengalami iritasi.

2. Memakai makeup lebih dari 5 jam di outdoor

Fashionjazz

Ketika memakai makeup dan melakukan kegiatan di outdoor, sebaiknya ketika sudah lebih dari 5 jam pemakaian makeup harus dibersihkan. Terutama ketika kondisi cuaca yang terik. Karena pastinya makeup telah terkontaminasi oleh debu atau asap kendaraan yang jika dibiarkan dapat menyebabkan kulit kusam, timbul jerawat, berminyak, dan iritasi.

Baca Juga: Simple Makeup Look di Hari Raya Idulfitri, Bujet Gak Sampai Rp100 Ribu

3. Memakai sunscreen dengan SPF yang tinggi

Ezshopex

Ketika memakai sunscreen dengan SPF tinggi, bukan berarti kulitmu akan terhindar dari paparan sinar matahari seharian. Sunscreen seharusnya dioleskan setiap 3 jam sekali.

4. Kesalahan pemilihan warna foundation, tidak sesuai warna kulit

Pinterest

Foundation berfungsi untuk menutupi kekurangan pada wajah, seperti menutupi bekas jerawat atau noda-noda hitam di wajah, bukan untuk mencerahkan. Maka, pilihlah warna foundation yang sesuai atau hampir mirip dengan warna kulit. Jika tidak, maka wajah akan terlihat berwarna aneh seperti memakai topeng.

5. Membersihkan wajah dengan menggosoknya secara kasar

Wallhere

Membersihkan wajah dengan menggosoknya secara kasar bisa membuat kulit iritasi dan kehilangan kelembapan. Sebaiknya membersihkan wajah dengan sabun dan gosokan ringan saja, supaya tekstur kulitmu tetap terjaga.

6. Mencoba berbagai macam makeup

Pinterest

Kulit wajah membutuhkan waktu kurang lebih satu bulan untuk beradaptasi dengan makeup. Maka sebaiknya jangan sering-sering berganti produk makeup, agar kulit wajah tidak rusak.

Baca Juga: 5 Tips Tetap Merona Meski Tak Pakai Makeup Tebal

Verified Writer

Raiyani Hidayah

Life is never-ending learning process.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya