TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Cara Ampuh Menghindari Pelecehan Seksual di Tempat Umum

Apa yang kamu lakukan jika diraba di bagian sensitif? Temukan caranya di sini

okezone.com

Berdasarkan berita dalam situs Okezone pada tahun 2016 lalu, lembaga Thomson Reuters Foundation bekerjasama dengan lembaga survei YouGov, merilis survei daftar peringkat kota dengan transportasi paling berbahaya untuk wanita. Bogota di Kolombia adalah kota yang paling membahayakan bagi wanita pengguna transportasi umum. Disusul Mexico City, Lima, New Delhi dan Jakarta. Ya! Jakarta berada pada peringkat lima di dunia sebagai kota yang memiliki transportasi buruk untuk kaum hawa.

Tapi tenang saja, ladies! Seorang mahasiswi lulusan Desain Komunikasi Visual dari Institut Teknologi Nasional Bandung, telah merangkum modus-modus pelecehan seksual di transportasi umum dan bagaimana cara menghadapinya dalam sebuah video berdurasi 1 menit. Video tersebut telah ditonton sebanyak 64 juta orang lho. Ini dia link videonya.

Berdasarkan video tersebut, modus-modus pelecehan seksual di transportasi umum di antaranya :

Memotret area terlarang wanita yang menggunakan rok mini menggunakan kamera ponsel.

okezone.com

Nah untuk satu ini, kamu harus berhati-hati ya. Cara menghindarinya yaitu menggunakan pakaian yang sopan, apalagi jika naik transportasi umum. Jika kamu menemukan orang yang melakukan hal seperti ini, jangan segan-segan menegurnya untuk menimbulkan efek jera. Sehingga ia tidak mengulang lagi perbuatan tersebut.

Meraba area terlarang wanita.

theguardian.com

Jika kendaraan sedang padat, para pelaku pelecehan seksual seringkali memanfaatkan keadaan tersebut untuk melancarkan aksinya. Nah, kamu harus waspada dengan menggunakan sling bag lebar yang menutupi area belakang tubuh kita. Namun jangan lupa. Barang berharga seperti dompet dan ponsel disimpan di tempat yang aman terlebih dahulu.

Writer

Renanda Khairuna

Graphic designer, youtuber and also PNS :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya