TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Eksfoliasi dan Cleansing, Mana yang Harus Dilakukan Lebih Dulu?

Urutan skincare ternyata mempengaruhi hasil akhirnya loh!

Ilustrasi cleansing (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Sekarang ini, penggunaan perawatan kulit merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Apalagi jika setiap hari melakukan aktivitas di luar ruangan, terpapar kotoran dan sinar matahari. Belum lagi bakteri yang membuat kulit berjerawat dan bermasalah.

Selain menggunakan pelembab dan sunscreen, penggunaan produk eksfoliasi dan pembersih wajah juga merupakan hal yang sebaiknya dilakukan agar kulit bersih dan lebih cerah. Namun, terkadang rangkaian skincare tertukar dan membuat penggunaannya tidak maksimal pada kulit. Lalu, bagaimana dengan eksfoliasi dan cleansing? Mana yang sebenarnya harus dilakukan terlebih dahulu? Yuk simak penjelasan lebih lengkapnya!

1. Manakah yang lebih penting?

Ilustrasi skincare (Pexels.com/Polina Tankilevitch)

Baik eksfoliasi ataupun cleansing keduanya merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Keduanya harus dilakukan agar memperoleh kulit yang bersih dan sehat terhindar dari masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Eksfoliasi sendiri memiliki manfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih cerah dan segar. Selain itu, eksfoliasi juga mencegah timbulnya jerawat dan penyumbatan pori-pori.

Sementara itu, cleansing  membantu mengurangi sebum atau minyak dan membersihkan kulit dari pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Membersihkan wajah tidak menghilangkan semua bakteri karena beberapa bakteri baik justru bermanfaat agar kulit tetap sehat. Akan tetapi, mencuci muka secara berlebihan dapat menghilangkan daya tahan kulit, menurunkan lipid dan menurunkan kelembaban kulit. 

Baca Juga: 6 Masalah Wajah pada Pria yang Jarang Eksfoliasi, Kering dan Kusam!

Membersihkan wajah atau cleansing sebelum eksfoliasi bermanfaat membuat eksfoliator kimia lebih terserap oleh kulit dan mencegah bekas makeup atau kotoran masuk ke dalam kulit. Berikut tips jika ingin melakukan cleansing dahulu:

  • Gunakan pembersih yang lembut dan cocok untuk semua jenis kulit dan tidak mengandung alkohol
  • Oleskan pembersih menggunakan ujung jari karena spons dapat mengiritasi kulit
  • Jangan menggosok kulit, bilas dengan air hangat
  • Gunakan rangkaian skincare eksfoliasi mulai dari toner, serum eksfoliasi lalu pelembab
  • Jika menggunakan bersamaan dengan retinol, jangan dipakai secara bersamaan dan gunakan retinol setelah 2-4 hari setelah menggunakan serum eksfoliasi
  • Jangan menggunakan bersamaan dengan vitamin C, gunakan vitamin C di pagi hari lalu ekfoliasi dimalam hari. Jika menggunakan rangkaian perawatan kulit lainnya sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit

2. Manfaat cleansing terlebih dahulu

Ilustrasi membersihkan wajah (Pexels.com/Miriam Alonso)

Baca Juga: 5 Produk Face Wash dengan Manfaat Eksfoliasi, Wajah Jadi Lebih Cerah!

Verified Writer

Rifka Naila

Serotonin needed~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya