TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Karena Jumlah Pria 'Berkualitas' Sedikit, Banyak Wanita Iran Pilih Tak Menikah

Jumlah pernikahan yang terdaftar menurun sebanyak 3,4 persen

inquisitr.com

Sudah bukan rahasia lagi bila Iran adalah suatu negara yang menganut teokrasi dengan menjadikan prinsip-prinsip Islam sebagai petunjuk. Dalam tatanan seperti itu, posisi wanita tak sama dengan pria dan pernikahan adalah hal yang mutlak. Namun, saat ini semakin banyak wanita-wanita Iran yang tidak lagi mau hidup dalam aturan seperti itu.

Banyak dari wanita Iran yang memilih tidak menikah.

metro.co.uk

LA Times bertemu sejumlah wanita Iran yang memutuskan untuk melawan ekspektasi orangtua dan negara agar mereka menikah dan memiliki keturunan. Mereka adalah bagian dari lebih dari 30 juta wanita Iran yang berusia di atas 30 tahun yang tidak menikah. Hal tersebut menunjukkan pola pikir mereka mulai bergeser meski para ulama setempat sangat gencar memberi ceramah tentang pernikahan.

Baca Juga: The Eagle Huntress: Gadis Kecil Penakluk Elang yang Meruntuhkan Tradisi di Mongolia

Jumlah pernikahan menurun dan perceraian meningkat.

thedcgazette.com

Jumlah wanita di Iran yang memilih hidup sendiri semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah perceraian dan lebih banyak wanita Iran yang menuntut ilmu hingga ke tingkat universitas lalu mengejar karir. Di tahun 2015, jumlah pernikahan yang terdaftar menurun sebanyak 3,4 persen, sedangkan perceraian (untuk ukuran negara teokrasi) meroket hingga 4,2% dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Pelajaran Berharga dari Hillary Clinton untuk Semua Wanita di Dunia

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya