TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pengaruh Buruk Gula Terhadap Kondisi Kulit Wajah, Bikin Jerawatan!

Dampak negatif gula berbanding terbalik dari rasa manisnya

insider.com

Tidak semanis rasanya, gula memiliki cukup banyak bahaya terhadap kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan. Gak main-main pengaruh gula ini bisa menyebabkan masalah kulit dari mulai ringan hingga serius.

Maka dari itu mulai sekarang kita perlu mengontrol asupan gula ke tubuh jika tidak ingin merasakan lima pengaruh buruknya terhadap kondisi kulit wajah di bawah ini.

1. Memperburuk peradangan di kulit

cultbeauty.co.uk

Ketika kita mengonsumsi makanan manis yang mengandung tinggi gula, produksi insulin dalam darah meningkat. Pada saat yang bersamaan peradangan yang sedang terjadi dalam tubuh juga ikut meningkat. Peningkatan ini menyebabkan keadaan kulit menjadi semakin parah terlebih pada bagian yang sedang terinfeksi seperti jerawat atau eksim.

Baca Juga: Bikin Kulit Glowing! Ini 5 Manfaat Susu Kedelai untuk Kecantikan Kulit

2. Merusak kolagen dalam tubuh

lorealparisusa.com

Kolagen punya peran penting dalam menjaga elastitas kulit dan mencegah keriput agar tidak terjadi penuaan dini. Sayangnya kolagen bisa dirusak jika kita mengonsumsi banyak makanan tinggi gula.Setelah makan makanan manis gula yang ada dalam tubuh akan melewati proses bernama ‘glikasi’.

Proses ini yang menjadi awal mula dampak buruk bagi kesehatan kulit, glikasi dapat merusak protein kolagen sehingga menonaktifkan antioksidan serta kemampuan kulit melawan keriput dan tanda penuaan lainnya.

3. Menyebabkan wajah memerah

self.com

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama tadi, gula dapat menyebabkan produksi insulin meningkat sehingga mengakibatkan wajah menjadi kemerahan. Kejadian ini kerap kali disebut sebagai ‘sugar face’dimana gula mampu menyebabkan kadar hormon testoteron yang membuat pori-pori terlihat besar, produksi minyak berlebih sehingga kulit lebih sensitif dan iritasi.

4. Memperparah alergi kulit

verywellhealth.com

Jika kamu memiliki kulit alergi ada baiknya mulai mengurangi konsumsi gula demi kebaikan kulitmu. Gula cukup kuat menyerang alergi kulit karena dapat menjadi pemicu reaksi alergi kulit kemerahan, gatal-gatal dan muncul bintik-bintik merah.

Baca Juga: 10 Jenis Teh Terbaik untuk Membuat Kulitmu Sehat Bercahaya

Verified Writer

SA D

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya