TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Langkah Mudah Merawat Tanaman Aquascape agar Tidak Mudah Rusak

Penggemar aquascape wajib tahu!

ilustrasi aquascape (facebook.com/ADA Sarawak. Spring Nature Aquascape Design)

Salah satu komponen penting pada aquascape yang bisa menambah keindahan adalah tanaman. Tanaman yang bagus, terawat dan cocok dengan konsep akuarium tentu menjadi faktor penting indah tidaknya sebuah aquascape.

Merawat tanaman air bisa dibilang susah susah gampang, perlu ketelatenan agar tanaman bisa tumbuh subur dan tidak rusak. Karena selain menambah keindahan akuarium, tanaman air juga menambah kenyamanan ikan saat berada di akuarium.

Agar tidak mudah rusak dan tumbuh baik berikut adalah lima langkah mudah merawat tanaman aquascape yang bisa kalian lakukan. Yuk, disimak!

1. Lakukan pemberian nutrisi untuk tanaman aquascape

ilustrasi pupuk akuarium (tokopedia.com)

Sama halnya dengan tanaman di darat, tanaman air juga membutuhkan nutrisi tambahan untuk tumbuh subur dan tidak mudah mati.  Kalian bisa memberikan pupuk tanaman air dengan porsi yang cukup.

Pemberian pupuk secara berlebih memiliki dampak yang tidak baik pada ikan dan tumbuhan karena bisa menyebabkan keracunan. Berilah pupuk secara berkala satu minggu sekali agar tanaman air mendapatkan nutrisi yang baik.

2. Lakukan perawatan secara rutin

ilustrasi aquascape (unsplash.com/Huy Phan)

Perawatan tanaman juga menjadi salah satu kunci penting untuk mempertahankan keawetan tanaman dan keindahan akuarium. Tak jarang muncul jamur, atau tanaman liar yang tumbuh yang justru membuat tampilan menjadi tidak rapi atau mematikan tanaman air utamanya.

Maka dari itu rutinlah mencabuti atau membuat tanaman-tanaman liar tersebut. Proses perapian tanaman ini biasa disebut trimming yaitu memangkas tanaman-tanaman yang sudah mati atau mengganggu.

Baca Juga: 9 Ide Dekorasi Tanaman Hias untuk Teras Rumah, Cozy Saat Terima Tamu

3. Perhatikan kondisi air dalam keadaan baik

ilustrasi aquascape (unsplash.com/Vikram Mudaliar)

Kondisi air selain penting bagi tumbuh kembang ikan juga berpengaruh bagi kesehatan tanaman air. Air yang bersih tentu akan membuat tanaman bisa tumbuh baik dan ikan bisa hidup secara nyaman.

Lakukan pengurasan air maksimal seminggu sekali agar akuarium tidak keruh dan penuh dengan kotoran. Tanaman yang hidup di air yang bersih dan jernih biasanya berwarna bagus dan tidak pucat.

4. Pastikan aquascape mendapatkan pencahayaan secara cukup

ilustrasi aquascape (unsplash.com/Huy Phan)

Cahaya dibutuhkan tanaman air untuk berfotosintesis. Untuk itu pastikan akuarium kalian mendapatkan pencahayan yang cukup bisa dari sinar matahari ataupun sinar lampu. 

Selain untuk fotosintesis, cahaya  juga berguna menambah keindahan akuarium kalian. Pencahayaan yang dipilih biasanya berwarna putih atau kuning atau menyesuaikan selera pemilik akuarium.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Kaktus Layak Jadi Tanaman Hias di Rumah, Praktis!

Verified Writer

Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya