Comscore Tracker

5 Pelajaran dari Hidup Bruce Lee Agar Kamu Pantas Jadi Pria Sejati

Mencontoh semangat dan keteguhan hati seorang Bruce Lee

Bruce Lee dikenal sebagai aktor yang membawa seni bela diri kungfu mendunia. Di hari kelahirannya yang jatuh pada 27 November, bukan hanya karyanya yang bisa dikenang, pelajaran hidup yang ia ajarkan juga patut ditiru. Yuk simak apa saja yang ia ajarkan. 

1. Selalu menjadi diri sendiri

5 Pelajaran dari Hidup Bruce Lee Agar Kamu Pantas Jadi Pria Sejatiinstagram.com/brucelee

"Selalu jadi diri sendiri, ekspresikan diri dan percaya pada diri. Jangan mencari kepribadian lain lalu menirunya" 

Salah satu kutipan dari Bruce Lee ini sangat terkenal dan wajib diaplikasikan dalam hidup. Kamu bisa meraih keberhasilan hanya jika kamu mengenal siapa dirimu, apa kelebihan dan kekuranganmu, serta apa tujuanmu. Tidak berpura-pura akan membuat kamu kuat dan percaya diri.

Hidup dengan topeng orang lain hanya membuat dirimu tidak berkembang. Sebab setiap manusia di dunia ini lahir dengan keunikannya masing-masing. Tidak ada satu pun yang mampu menyamai. 

2. Manfaatkan waktu untuk mempelajari hal baru

5 Pelajaran dari Hidup Bruce Lee Agar Kamu Pantas Jadi Pria Sejatiinstagram.com/brucelee

Sebagai aktor dan ahli seni bela diri yang berlaga di banyak film kungfu dunia, Bruce Lee dituntut mempunyai stamina yang fit. Untuk menjaga kebugarannya, Bruce Lee selalu berlatih setiap hari. Namun jangan salah, selain rutin melatih fisik, ia juga tekun memperkaya wawasannya.

Bruce Lee tertarik mempelajari bidang ilmu lain seperti filosofi hingga seni pembuatan film. Dia memiliki perpustakaan pribadi dengan sekitar 2.500 buah buku koleksi. Walaupun ia telah menjadi aktor kungfu terkenal, Bruce Lee selalu melihat kesempatan memperkaya ilmunya di bidang lain. Ia mengajarkan kamu untuk tidak cepat puas dengan hasil yang telah dicapai hari ini. 

3. Halangan adalah bahan bakar menuju keberhasilan

5 Pelajaran dari Hidup Bruce Lee Agar Kamu Pantas Jadi Pria Sejatiinstagram.com/brucelee

"Defeat is a state of mind,  no one is ever defeated until defeat has been accepted as a reality"

Kesuksesan yang diraih Bruce Lee tidak didapatkan dengan mudah. Sebagai remaja yang tumbuh di Hong Kong dan berniat pindah ke Amerika, Lee menghadapi banyak rintangan. Saat itu ia hanya mengantongi uang 100 dolar AS dan tidak menguasai bahasa Inggris dengan baik.

Belum lagi sikap rasis yang ia terima, sedikit sekali orang yang mau belajar seni bela diri kungfu. Namun ini tidak mematahkan semangatnya. Lee mengajar kungfu, menjadi pelayan restoran dan mengambil kursus bahasa Inggris. Hingga akhirnya ia bergabung di Washington University untuk mengambil kelas drama dan filsafat.

Ketika terjun ke Hollywood pun jalannya tak serta merta mulus. Sempat terjadi penolakan sebab Hollywood tidak memberikan peran kepada atlet bela diri Asia di film produksinya. 

Bruce Lee mengajarkan untuk tidak gampang menyerah. Tetap fokus pada kemampuan yang dimiliki, jangan hanya fokus pada apa yang orang katakan. 

Baca Juga: 5 Film Legendaris Bruce Lee, Bukti Ia Memang Aktor Jempolan di Masanya

4. Jangan fokus pada satu pintu yang tertutup lalu melupakan ribuan pintu lain yang terbuka

5 Pelajaran dari Hidup Bruce Lee Agar Kamu Pantas Jadi Pria Sejatiinstagram.com/brucelee

Dalam perjalanan kariernya, Bruce Lee pernah mengalami cidera punggung serius. Saat itu karir filmnya sedang melejit. Dokter mengatakan ada kemungkinan ia tidak akan sembuh seperti sedia kala.

Lee tidak patah semangat. Ia fokus menetapkan tujuan baru untuk melanjutkan hidupnya. Ia juga tetap memotivasi dirinya sambul menjalani proses penyembuhan. 

5. Berbagi kasih sayang dengan orang lain

5 Pelajaran dari Hidup Bruce Lee Agar Kamu Pantas Jadi Pria Sejatiinstagram.com/brucelee

Perjalanan hidupnya yang terjal membuat Bruce Lee sangat menghargai arti cinta dan kasih sayang. Di museum Wing Luke, banyak ditemui peninggalan surat romantis menyentuh hati yang ia tulis untuk istri, anak, keluarga dan temannya. Mengungkapkan rasa sayang kepada orang terdekat perlu dilakukan agar mereka tahu seberapa berharga mereka untuk hidupmu. 

Itulah 5 pelajaran yang bisa dipetik dari hidup seorang Bruce Lee. Semoga bermanfaat untuk kamu. 

Baca Juga: 10 Pemikiran Bruce Lee Ini Gak Heran Menjadikan Dia Orang Tangguh

Ratumas Ovvy Photo Community Writer Ratumas Ovvy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You