Comscore Tracker

5 Akibat Buruk Jadi Cowok yang Anti Kritik, Catat Baik-baik!

Jangan malah jadi dijauhi orang

Kritik menjadi salah satu hal yang bisa membawa kebaikan jika mampu menerima dan menjadikannya pelajaran berharga. Namun, terkadang ada sebagian orang yang tidak suka jika dirinya mendapat kritik dari orang lain.

Hal yang sama ini pula yang kerap dilakukan oleh seorang cowok dalam kehidupannya. Adapun akibat buruk yang bisa mereka rasakan jika menjadi cowok yang anti kritik ialah seperti di bawah ini. Apa saja? Cek ulasannya sampai selesai.

1. Susah berkembang

5 Akibat Buruk Jadi Cowok yang Anti Kritik, Catat Baik-baik!ilustrasi pria (pexels.com/koolshooters)

Walau sejelek apa pun, sebaiknya kamu mampu menerima kritik dengan baik dan mau memperbaikinya. Karena jika kamu menolak kritik tersebut, kamu justru jadi orang yang susah untuk berkembang.

Cobalah untuk berpikir positif pada kritik orang lain demi kebaikan kamu. Jangan langsung menolak apalagi berpikir buruk tentang mereka. Jadikan kritik itu untuk bahan evaluasi supaya kamu lebih baik ke depannya.

2. Jauh dari kata sukses

5 Akibat Buruk Jadi Cowok yang Anti Kritik, Catat Baik-baik!ilustrasi pria (pexels.com/andreapiacquadio)

Akibat lain yang bisa kamu rasakan ketika jadi cowok yang anti kritik ialah jauh dari kata sukses. Kritik yang mampu diterima dan diperbaiki justru akan membantu seseorang untuk maju lebih baik lagi.

Sebaiknya hal ini perlu diperbaiki dalam pola pikir dan pandangan kamu ke depan. Karena tidak sedikit lho orang yang justru sangat menginginkan kritik orang lain ketika melakukan suatu hal.

3. Sedikit punya peluang baru dalam hidupnya

5 Akibat Buruk Jadi Cowok yang Anti Kritik, Catat Baik-baik!ilustrasi pusing pusing (pexels.com/andreapiacquadio)

Ketika kamu jadi cowok yang anti kritik, kamu justru punya sedikit peluang baru dalam hidupmu. Apa pun yang kamu lakukan akan terasa lambat dan monoton tanpa adanya pembaruan.

Bahkan, orang lain juga tidak mudah untuk percaya dengan apa yang ada dalam diri kamu. Kelak mereka yang pada akhirnya peduli justru lebih acuh dengan apa yang kamu lakukan. Jadi, tolong diperhatikan dengan sangat, ya!

Baca Juga: 5 Sikap Istimewa dari Pria yang Sulit Dilupakan Perempuan

4. Orang akan malas denganmu

5 Akibat Buruk Jadi Cowok yang Anti Kritik, Catat Baik-baik!ilustrasi bekerja (pexels.com/andreapiacquadio)

Seorang yang mau mengkritik biasanya punya niat baik dengan apa yang kamu lakukan. Namun jika tanggapan kamu tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan, pastinya akan timbul kekecewaan.

Rasa kecewa yang mendalam hingga nantinya mambuat orang lain malas dengan kamu. Ke depannya kamu tidak akan lagi mendapatkan kritik dari mereka yang membangun. Justru bukan tidak mungkin mereka akan menjauh dari kamu.

5. Tidak bisa belajar jadi orang yang lebih dewasa

5 Akibat Buruk Jadi Cowok yang Anti Kritik, Catat Baik-baik!ilustrasi pria (pexels.com/vladakarpovich)

Menjadi seorang yang anti kritik jika bisa menjadikan kamu tidak mampu belajar jadi orang yang lebih dewasa. Kedewasaan karena proses belajar dari apa pun itu justru akan membuat kamu jadi pribadi yang berkualitas.

Seharusnya kritik tersebut bisa kamu jadikan sarana untuk dapat belajar memperbaiki diri. Jangan malah menolaknya, karena semua akan membuat kamu merugi nantinya, Bro!

Setelah kamu melihat beberapa akibat jadi cowok anti kritik seperti tersebut di atas, sebaiknya bisa menjadi pertimbangan tersendiri untuk kamu ke depannya. Jangan sungkan lagi untuk belajar dari kritik orang lain ya, Bro!

Baca Juga: 5 Sikap Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Pria yang Cool, Lakukan Bro!

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya