TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tips Perawatan Kulit Setelah Mendaki Gunung, agar Tidak Kusam Bro

#IDNTimesMen Buat yang hobi hiking wajib tahu ini!

Unsplash.com/Toomas Tartes

Siapa nih, yang hobi mendaki gunung? Aktivitas mendaki gunung memang salah satu favorit cowok untuk menantang adrenalin. Selama mendaki gunung, kulitmu pasti tidak terawat secara baik, terkena sinar matahari, dan terpapar kotoran. Hal inilah yang membuat kulitmu menjadi kusam selepas mendaki gunung. 

Agar hal tersebut tidak terjadi, kamu perlu melakukan serangkaian perawatan kulit setelah mendaki gunung. Buat kamu yang mau tahu, mari langsung saja simak ulasannya berikut ini. Check this out!

1. Minum air putih yang banyak untuk menghidrasi kulit 

Pexels.com/Maurício Mascaro

Setelah mendaki gunung, pastinya asupan mineral dari air putih berkurang. Kekurangan asuapan mineral selama mendaki gunung inilah yang harus kamu penuhi setelah pulang mendaki. Ini karena, kekurangan mineral bisa menyebabkan kulit menjadi kering, bahkan dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Oleh karena itulah, kamu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi extra air putih setelah pulang mendaki, Bro!

2. Gunakan air dingin untuk mandi

corporatebytes.in

Sangat dianjurkan untuk mandi dengan air yang dingin setelah pulang dari mendaki gunung, Bro! Saat melakukan aktivitas mendaki gunung, kulitmu pasti terpapar oleh sinar matahari yang membuat pori-pori kulit melonggar dan kering.

Nah, apabila kamu menggunakan air panas untuk mandi, hal ini akan memperparah kondisi kulitmu dan bikin kulitmu jadi semakin dehidrasi. Karena itulah, mandi dengan air dingin sangat dianjurkan untuk membantu menghidrasi kulitmu yang mengalami dehidrasi setelah pulang dari mendaki gunung. 

Selain itu, mandi menggunakan air dingin juga akan membantu menenangkan kulitmu yang terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Selain itu juga bisa membuat pori-porimu menutup kembali.

Baca Juga: Sering tak Disadari, 5 Tanda Cowok yang Sedang Jatuh Cinta Diam-diam

3. Pakai masker agar makin segar

Unsplash.com/Safia Shakil

Kondisi kulit yang letih selepas mendaki gunung, memang perlu di-recharge dengan bantuan masker yang mengandung beragam vitamin. Selain itu, masker juga membantu regenerasi sel kulit menjadi lebih cepat dan sebagai peremajaan bagi kulitmu.

Ada banyak sekali jenis masker yang dijual di pasaran, kamu tunggal memilihnya sesuai dengan kebutuhanmu, Bro! Pemakaiannya juga tidak perlu ribet, cukup dua kali dalam seminggu saja.

4. Lakukan eksfoliasi untuk mengangkat kotoran di wajah

menstylefashion.com

Gak cukup hanya maskeran, wajah juga membutuhkan proses eksfoliasi. Saat pergi mendaki gunung, wajahmu pasti terpapar kotoran dan debu. Untuk mengangkat kotoran dan debu yang menempel di kulit, kamu perlu melakukan eksfoliasi. Lakukan eksfoliasi sebanyak tiga kali dalam seminggu, agar wajahmu terlihat lebih fresh, Bro!

5. Aplikasikan mositurizer secara rutin

Pexels.com/cottonbro

Salah satu bagian yang gak boleh ketinggalan dalam rangkaian skincare setelah mendaki gunung adalah moisturizer. Penggunaan moisturizer memang berfungsi untuk menghidrasi kulit, mengontrol kadar air, dan mengontrol minyak yang ada di wajah. Sehingga, berbagai masalah kulit, seperti jerawat, kulit terkelupas, dan minyak berlebih dapat dihindari.

6. Gunakan hydrating toner dan serum

Pexels.com/cottonbro

Gak cuma moisturizer saja, penggunaan hydrating toner dan serum juga perlu dimasukkan ke dalam daftar skincare rutinmu setelah naik gunung. Penggunaan hydrating toner akan memberikan kelembapan ganda pada wajahmu.

Serum juga gak kalah pentingnya dalam rangkaian skincare yang wajib kamu lakukan setelah mendaki gunung. Dilengkapi dengan nano teknologi, kandungan yang ada pada serum akan lebih cepat menyerap dan menembus lapisan kulit terdalam. Sehingga, tidak hanya memperbaiki kulit dari luar saja, namun bagian kulit terdalam juga akan mendapatkan perbaikan.

Baca Juga: 6 Karakter Cowok yang Lahir di Bulan Februari, Diam-diam Romantis

Verified Writer

Berkat Prima

🤙

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya