TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Logis Kenapa Pria Juga Butuh Merawat Wajah, Gak Perlu Gengsi

Biar makin menawan, Bro!

unsplash.com/Brooke Cagle

Perawatan wajah biasanya identik dengan rutinitas yang dilakukan para wanita. Hal ini dikarenakan seringkali produk-produk yang digunakan bisa saja sangat bervariasi dan membutuhkan waktu khusus yang dianggap merepotkan oleh para pria.

Alasan inilah yang terkadang membuat pria enggan melakuan perawatan wajah. Padahal sama seperti wanita, pria juga membutuhkan perawatan serupa. Berikut ini beberapa alasan logis kenapa pria juga perlu melakukan perawatan wajah.

1. Pada dasarnya kulit wajah pria menghasilkan minyak yang lebih banyak

unsplash.com/Christopher Campbell

Secara ilmiah, hormon testosteron yang dominan pada pria memicu produksi minyak berlebih. Minyak inilah yang jika tidak dibersihkan dengan cara yang tepat akan membuat pori-pori pada wajah jadi mudah tersumbat. Alhasil, kulit wajah akan nampak kusam hingga muncul berbagai masalah kulit seperti komedo dan jerawat.

2. Bisa membersihkan kotoran pada wajah dengan lebih sempurna

unsplash.com/Sergio de Paula

Seringkali pria merasa bahwa wajah cukup dibersihkan dengan cuci muka saja. Padahal pemahaman seperti ini salah besar. Kotoran pada wajah, terutama yang sudah menumpuk, tidak akan cukup dibersihkan dengan cuci muka saja. Sekalipun sudah menggunakan facial foam, wajah tetap membutuhkan perawatan yang lebih maksimal, seperti penggunaan scrub dan produk eksfoliasi lainnya.  

3. Wajah pria juga rentan terhadap masalah kulit

unsplash.com/Erik Lucatero

Seperti sudah disinggung sebelumnya, minyak pada kulit wajah pria memang cenderung lebih banyak. Belum lagi ditambah dengan aktivitas luar yang menimbulkan banyak keringat sekaligus terkena paparan sinar. Kondisi ini jika tidak diimbangi dengan perawatan yang menyeluruh akan memicu risiko berbagai masalah kulit. Apalagi hampir sebagian besar pria memang lebih cuek tentang perawatan wajah. 

4. Pria juga butuh pencegahan penuaan dini biar kulit tetap sehat dan tampak awet muda

unsplash.com/Christopher Beddies

Sebenarnya pria juga akan senang jika memiliki kulit sehat dan tampak awet muda. Disinilah manfaat dari melakukan perawatan wajah yang lengkap dan menyeluruh. Dengan memiliki kepedulian untuk merawat wajah, penuaan dini pada pria juga dapat diminimalisir bahkan dicegah.  Jadi, gak cuma wanita saja yang butuh anti aging, bukan? 

Verified Writer

T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya