TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Alami Mengatasi Kulit Pria yang Iritasi, Mudah Banget!

Gak perlu bingung untuk mengatasinya! #IDNTimesMen

Ilustrasi merawat kulit (pexels.com/Ron Lach)

Iritasi merupakan salah satu masalah kulit yang cukup sering terjadi pada pria. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi. Mulai dari terkena paparan sinar matahari secara berlebihan hingga salah memilih produk perawatan kulit. Jika tidak diatasi secara benar, iritasi tersebut bisa menjadi lebih parah.

Jika kamu sedang mengalami iritasi, gak perlu khawatir! Berikut ada lima cara mudah mengatasinya dengan bahan alami. Yuk, baca pembahasannya sampai habis.

1. Kompres dengan air dingin

Ilustrasi merawat kulit sensitif (pexels.com/Monstera)

Langkah pertama yang mudah dilakukan saat kulit mulai iritasi adalah mengompresnya dengan air dingin. Selain memberikan sensasi dingin yang menenangkan, cara satu ini ampuh meredakan rasa gatal yang timbul.

Caranya mudah banget, cukup basahi kain atau handuk bersih dengan air dingin. Lalu, kamu bisa mulai mengompres area kulit yang mengalami iritasi selama 5-10 menit. 

2. Soda kue

Ilustrasi soda kue (pexels.com/Kaboompics .com)

Tahukah kamu jika soda kue dianggap sebagai cara mengatasi kulit iritasi yang efektif? Kandungan zat antijamur pada soda kue dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan penyebab iritasi kulit yang terasa gatal.

Kamu bisa menuangkan baking soda ke dalam bak berisi air hangat sebelum mandi. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan masker dari soda kue. Tinggal campurkan soda kue dan sedikit air, lalu aduk merata hingga menjadi masker. 

Baca Juga: 5 Kandungan Skincare Terbaik untuk Pria, Bikin Kulit Makin Cerah!

3. Minyak Zaitun

Ilustrasi olive oil (pexels.com/Pixabay)

Gak perlu diragukan lagi, minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit. Salah satunya untuk mengatasi gatal-gatal di wajah akibat efek iritasi. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun dapat membantu menyembuhkan dan meregenerasi kulit.

Caranya, campurkan minyak zaitun dengan madu. Kemudian, oleskan pada kulit wajah yang gatal. Cara ini dapat kamu lakukan dua kali dalam sehari selama kulit wajah masih gatal.

4. Mentimun

Ilustrasi mentimun (pexels.com/Angele J)

Mentimun memiliki kandungan air sebanyak 95, 2 persen, potasium serta fisetin pada yang dapat memberikan efek dingin pada kulit. Hal tersebut berfungsi meredakan rasa gatal dan sakit di kulit akibat iritasi.

Kamu bisa mencampurkan mentimun dengan sedikit madu. Apabila cara ini dilakukan secara rutin dan teratur, mentimun juga dapat berfungsi menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Serum Wajah Pria dengan Niacinamide, Bye Kulit Kusam!

Verified Writer

Suci Wu

hi, Hello :) Instagram @ciiw08

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya