Comscore Tracker

5 Rekomendasi Basic Skincare dan Step Pemakaiannya untuk Cowok

Jangan malu pake skincare, kulit juga kamu butuh dirawat

Mulai buang mindset skincare hanya untuk cewek ya guys, karena kalian para cowok juga butuh yang namanya skincare.

Dengan menggunakan skincare, kulit kamu bisa lebih sehat, terawat, ternutrisi dan menghindarkan kulit kamu dari kekusaman. Apalagi, cowok lebih aktif dan sering beraktivitas di ruang ruangan. Otomatis rebih rentan terkena debu, kotoran dan polusi yang mana jelas tidak baik untuk kesehatan kulit.

Tidak perlu resah akan maskulinitas, ini demi kebaikan kulit kamu kok. Tidak perlu memasang target kulit kinclong seperti artis dulu ya guys. Pelan-pelan asal rutin nanti kamu akan mendapatkan manfaatnya untuk kebaikanmu sendiri. Yuk simak apa saja rekomendasi basic skincare dan step-nya yang harus kamu lakukan

1. Cleanser

5 Rekomendasi Basic Skincare dan Step Pemakaiannya untuk CowokPhoto by The Honest Company on Unsplash

Cleanser adalah step awal yang harus kamu lalui. Cleanser bermanfaat untuk mengangkat sisa-sisa kotoran di wajah kamu setelah seharian beraktivitas. Jerawat yang muncul di kulitmu bisa jadi dikarenakan kurangnya kepedulian kamu akan membersihkan wajah.

Ada banyak jenis cleanser yang bisa kamu coba ada dan bisa kamu temukan di supermarket atau drug store  terdekat. Produk yang bisa kamu coba contohnya : Garnier Micellar Water, Viva Milk Cleanser, dan  Biore Cleansing Oil.

Cara pengunaannya adalah :

  • Micellar Water : ambil sebuah kapas, tuang micellar water lalu gosokkan pada wajah dan leher
  • Milk Cleanser : tuang milk cleanser pada telapak tangan. Totol sedikit lalu oleskan secara merata di wajah lalu bersihkan dengan kapas.
  • Oil Cleanser : tuang oil cleanser pada telapak tangan. Usap dengan kedua telapak tangan baru usapkan secara merata pada wajah dan leher dengan cara gerakan memutar

2. Face wash

5 Rekomendasi Basic Skincare dan Step Pemakaiannya untuk CowokPhoto by Curology on Unsplash

Face wash berfungsi untuk membersihkan wajah kamu dari sisa kotoran yang ada di wajah. Jika kamu sebelumnya telah menggunakan cleanser lalu melanjutkannya dengan face wash step ini dinamakan double cleansing. Proses ini bermanfaat untuk benar-benar memastikan bahwa kulitmu bersih dari segala macam kotoran yang ada di wajah. Rajin double cleansing membuat kulit jadi jarang jerawatan lho.

Produk yang bisa kamu coba: Produk face wash yang dibuat  khusus cowok seperti yang dimiiliki oleh beberapa brand misalnya Garnier, L’Oreal, dan Biore, atau menggunakan face wash yang bisa digunakan baik cowok maupun cewek seperti Cetaphil, Hada Labo ataupun The Body Shop.

Cara pengunaanya : tuang sedikit ke telapak tangan, beri sedikit air. Gosok hingga berbusa lalu pakailah secara merata di wajah lalu bilas dengan air bersih

3. Toner

5 Rekomendasi Basic Skincare dan Step Pemakaiannya untuk CowokPhoto by Devin Avery on Unsplash

Toner berfungsi untuk menyegarkan wajah, menyeimbangkan pH dan juga menghidrasi serta menutrisi kulit. Banyak yang salah sangka lho, kebanyakan orang menggunakan toner setelah menggunakan cleanser, padahal yang benar memakai face wash terlebih dahulu baru memakai toner.

Ada berbagai macam produk toner yang dijual di pasaran. Produk toner yang bisa kamu coba diantaranya : L’Oreal, The Body Shop, Hada Labo, ataupun Viva.

Cara pengunaannya sangat mudah : cukup tuang toner ke kapas lalu tepuk tepuk secara merata di wajah dan leher. Untuk toner milik Hada Labo kamu cukup menuangkannya ditangan lalu tepuk secara perlahan langsung ke wajah

Baca Juga: Memanfaatkan 5 Skincare di Rumah yang Sudah Gak Terpakai Lagi

4. Moisturizer

5 Rekomendasi Basic Skincare dan Step Pemakaiannya untuk CowokPhoto by Curology on Unsplash

Peran moisturizer ini tidak bisa dikesampingkan lho. Moisturizer berperan untuk menjaga kelembaban kulit kamu. Semisal kulit kamu tergolong kulit berminyak sekalipun kamu butuh untuk tetap menjaga kelembaban dengan menggunakan moisturizer ini.

Ada banyak produk moisturizer yang bisa kamu coba biasanya jika kita datang ke super market beberapa brand menyediakan moisturizer-nya juga lho seperti Vaseline, Biore, Garnier, L’Oreal dan Nivea. Kamu juga bisa lho mencoba moisturizer produk lain seperti The Body Shop atau Nature Republic Aloe Vera Gel.

Cara memakainya juga sangat mudah: ambil sedikit di ujung tangan lalu pulaskan ke seluruh wajah hingga merata.

5. Sunscreen

5 Rekomendasi Basic Skincare dan Step Pemakaiannya untuk CowokPhoto by yue su on Unsplash

Sunscreen adalah step terakhir yang harus kamu pakai sebelum beraktivitas. Pengunaan sunscreen ini tidak boleh kamu abaikan lho. Sunscreen bermanfaat untuk melindungi wajahmu dari paparan sinar UV yang jahat, mencegah penuaan dini dan juga mencegah kulitmu agar tidak terbakar sinar matahari.

Produk yang bisa kamu coba adalah:  Wardah, Emina, Skin Aqua, Biore UV dan juga L’Oreal. Baik cowok maupun cewek masih banyak lho yang sering keliru menggunakan sunscreen ini.

Cara penggunaannya adalah: tuang sunscreen sebanyak dua ruas jari. Lalu oleskan dengan cara sedikit demi sedikit lalu ditimpa lagi hingga sunscreen habis. Kalau kamu memakai langsung sebanyak dua ruas jari ke muka yang ada muka kamu akan menjadi sangat putih.

Untuk skincare di pagi hari pastikan kamu melakukan lima step tadi secara berurutan ya dan untuk malam hari kamu cukup berhenti sampai di step nomer 4 yaitu moisturizer. Cukup lakukan semua step itu dengan rutin maka kondisi kulitmu akan lebih baik. Kunci dari semua itu adalah niat. Jika kamu sudah berniat untuk memperbaiki kondisi kulit kamu maka jangan pernah sekalipun meninggalkan step-step ini ya.

Itulah tadi basic skincare yang harus dimilki para cowok dan juga step pengunaannya. Selamat mencoba dan mulai sayangi dirimu sendiri ya guys.

Baca Juga: Ini 6 Kesalahan Pakai Skincare, Wajah Jadi Makin Kusam

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya