TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Merawat Jam Tangan Kulit Biar Selalu Tampak Seperti Baru

Gak perlu gonta-ganti jam tangan, catat cara merawatnya

Ilustrasi jam tangan (unsplash.com/Hunters Race)

Padu padan outfit kece rasanya gak lengkap jika tidak mengenakan jam tangan berbahan kulit. Tipe jam tangan ini tak hanya bagus dipandang, tapi juga memberi kesan elegan dan mewah pada OOTD-mu. 

Namun, sayangnya jam tangan berbahan kulit ini sering rusak. Seperti kulit mengelupas, lecet, hingga goresan parah di bagian tali jamnya. Nah, biar kamu gak mengalaminya, ini 5 tips merawat jam tangan kulit yang wajib dicoba!

1. Jangan membiarkan tali jam tangan kulit menjadi lembap

unsplash.com/Jisu Han

Saat memiliki jam tangan kulit, berarti kamu sudah siap untuk merawatnya dengan rajin dan teliti. Seperti merawat tali jam tangan kulitmu.

Tali jam tangan kulit memang rentan mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Bau itu terjadi karena sisa air atau keringat yang menempel di tali jam tangan kulitmu. Nah, sisa air atau keringat yang menempel itu dapat membuat tali jam tangan menjadi lembap dan akhirnya mengeluarkan aroma tak sedap. 

Karena itulah, saat merasa tali jam kulit milikmu basah terkena air atau keringat, sebaiknya dikeringkan secepat mungkin. Lepas jam tangan dan biarkan terkena angin hingga kering. 

Baca Juga: Ini 5 Cara Mudah Merawat Jam Tangan Otomatis agar Semakin Awet

2. Bersihkan dengan pembersih khusus

unsplash.com/Pixel Bee

Sama seperti kebanyakan produk berbahan kulit lainnya, jam tangan kulit juga butuh kondisioner atau pembersih khusus agar kualitasnya tetap terjaga. Pembersih ini bisa kamu gunakan untuk membersihkan bagian talinya. Jika sudah dibersihkan, tali kulit jam tanganmu akan tampak kinclong dan tidak mudah rusak. Pakailah pembersih atau kondisioner di bagian permukaan luar tali jam kulit minimal seminggu sekali. 

3. Pastikan tali kulit jam kering dengan sempurna

unsplash.com/Hunters Race

Jam tangan kulit memang rentan memiliki aroma yang kurang sedap. Karena itulah, perhatikan kondisi tali kulit jam tanganmu setelah dicuci atau sehabis memakainya. Pastikan keseluruhan tali jam tangan kering dengan sempurna, agar tidak mengundang kehadiran jamur dan bakteri. 

4. Rutin membersihkannya dengan handuk kering

unsplash.com/Hunters Race

Sehabis dipakai sehari-hari, sempatkan sedikit waktu untuk mengelap jam tangan kulit dengan handuk kering. Cara ini dapat mempercepat proses pengeringan jam tangan dari cipratan air atau keringat. Sehingga tidak didiamkan dalam keadaan yang kotor. 

Ingat, Bro, debu atau sisa air yang tersisa bisa menyebabkan perubahan warna juga, lho!

Baca Juga: Catat Bro, Inilah 5 Cara Merawat Jam Tangan Berbahan Stainless Steel

Verified Writer

Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya