Comscore Tracker

Ramai Kabar Nurdin Akan Terbang ke Makassar Malam Ini, Begini Kata KPK

KPK tentukan status Nurdin dalam 1x24 jam

Makassar, IDN Times - Pelaksana Tugas Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri membantah informasi yang beredar lewat pesan berantai. Dalam pesan itu disebutkan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah akan kembali ke Makassar malam ini. Fikri mengatakan penyidik KPK masih memeriksa Nurdin.

"Kami saat ini masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap pihak-pihak yang tertangkap tangan, di antaranya kepala daerah tersebut," kata Fikri dalam keterangannya di Jakarta seperti dilansir ANTARA, Sabtu (27/2/2021).

Baca Juga: Total Kekayaan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Rp51,35 Miliar

1. KPK tentukan status Nurdin dalam 1x24 jam

Ramai Kabar Nurdin Akan Terbang ke Makassar Malam Ini, Begini Kata KPKGubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah bersiap menjalani pemeriksaan setibanya di gedung KPK, Jakarta, Sabtu (27/2/2021). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Fikri, mewakili KPK, berharap semua pihak menunggu proses pemeriksaan. Dalam waktu dekat, lembaga antirasuah akan mengumumkan status Nurdin dan lima orang lain yang turut ditangkap.

"Dalam waktu 1x24 jam, kami akan segera menentukan sikap dari kegiatan tangkap tangan ini. Kami pastikan KPK bekerja sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku," ujar dia.

2. Nurdin diperiksa sejak Sabtu pagi

Ramai Kabar Nurdin Akan Terbang ke Makassar Malam Ini, Begini Kata KPKIlustrasi gedung KPK (IDN Times/Vanny El Rahman)

Sebelumnya, penyidik KPK menjemput Nurdin dari Makassar ke Jakarta, Sabtu (27/2/2021) pagi. Nurdin menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, terkait operasi tangkap tangan di Makassar pada Jumat, 26 Februari 2021 malam. Selain Nurdin, KPK menangkap lima orang lainnya di Makassar.

"Pihak-pihak yang diamankan telah sampai Jakarta dan sekitar jam 09.45 WIB tiba di Gedung Merah Putih KPK," ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri.

Ali menyebut enam orang yang ditangkap berlatar belakang kepala daerah, pejabat Pemprov Sulawesi Selatan, dan swasta. Namun, ia belum merinci identitas masing-masing orang yang diamankan. Belum dijelaskan pula kasus apa yang tengah diselidiki KPK.

3. Wagub Sulsel belum dapat informasi soal penangkapan Nurdin

Ramai Kabar Nurdin Akan Terbang ke Makassar Malam Ini, Begini Kata KPKWakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Humas Pemprov Sulsel

Sementara, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengaku tak tahu banyak soal informasi penangkapan Nurdin Abdullah. Saat penangkapan, ia mengaku sedang berada di luar Makassar.

“Saya kurang terlalu monitor juga perkembangannya karena saya masih di Sinjai,” kata Sudirman saat dihubungi wartawan, Sabtu siang.

Sudirman mengaku sama sekali belum mengetahui soal penangkapan Nurdin, selain dari pemberitaan di media massa. Dia juga belum dihubungi KPK. “Belum ada (info) resminya dari sana. Kita tunggu saja perkembangannya,” kata dia.

Sudirman menyatakan dia terus menunggu perkembangan terkini soal operasi KPK di Sulsel. Dia sendiri mengaku tidak mengetahui kasus apa yang sedang diselidiki KPK. Dia juga berharap Nurdin bisa melewati situasi ini.

“Masih menunggu. Kita doakan saja terbaik,” katanya.

Baca Juga: Terjaring OTT KPK, Nurdin Abdullah Sebut-sebut Tuhan pada PDIP

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya