TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Widih, Dishub DKI Beli Moge Harley Rp6,3 M untuk Kawal Gubernur Baru

Pemprov DKI akan beli moge listrik

Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Jakarta, IDN Times - Dinas Perhubungan DKI Jakarta menganggarkan Rp6,3 miliar untuk pembelian motor gede (moge) listrik untuk mengawal gubernur Jakarta terpilih.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, moge saat ini sudah tua sebab pengadaannya di tahun 2006. 

"Jadi ini kita akan ganti, tapi dengan menggunakan teknologi motor listrik, dan rencananya akan digunakan prioritasnya untuk pemanduan gubernur terpilih nanti. Itu kan baru tahun depan, enggak saya gunakan kok," ujar Syafrin saat dikonfirmasi, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga: PPP Berpotensi Dorong Sandiaga Uno Maju Pilkada DKI 2024

1. Kurangi polusi udara di Jakarta

ilustrasi polusi udara membatasi jarak pandang (commons.wikimedia.org/Wolcott)

Syafrin menjelaskan, moge ini juga sebagai bukti Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memulai upaya menekan polusi udara di Jakarta, apalagi mobilitas gubernur juga cukup tinggi.

"Begitu itu dilakukan untuk pengawalan maka mobilitas Pak Gub sangat tinggi. Contohnya hari ini, beliau dari sini ada kegiatan lanjutan," katanya.

2. Dasar pembelian moge listrik

ilustrasi motor besar (michelin.in)

Dia mengatakan, penggunaan moge listrik merujuk pada Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Implementasi Kendaraan Bermotor Berbasis Baterai.

Lalu, pengadaan motor listrik itu juga sesuai Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya