TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KBRI Washington Pastikan Kondisi Seluruh WNI di Amerika Serikat Aman

Gelombang demo meluas di AS seiring kematian George Floyd

(Seorang sopir truk mengarahkan kendaraannya ke demonstran di Minneapolis, Amerika Serikat) ANTARA FOTO/REUTERS/Eric Miller

Jakarta, IDN Times - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington DC bersama dengan seluruh Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Amerika Serikat (AS) memastikan seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di sana dalam kondisi aman dan baik.

Wakil Duta Besar RI untuk AS Iwan Freddy Hari Susanto mengatakan, pihaknya terus memonitor seluruh WNI tersebut yang tersebar di berbagai kota dan wilayah di AS, seiring merebaknya gelombang demonstrasi yang terjadi sejak tanggal 26 Mei 2020.

"Seluruh WNI di AS yang berjumlah 142.441 orang saat ini berada dalam kondisi aman dan baik-baik saja. Tidak ada laporan terkait WNI yang terdampak akibat demo,” kata Iwan Freddy melalui keterangan tertulisnya, Selasa (2/6).

Baca Juga: Viral! Polisi Ikut Berlutut di Hadapan Massa Demi Hormati George Floyd

1. Aksi unjuk rasa di AS telah memasuki hari ketujuh

Salah satu pasar swalayan di AS dijarah massa dalam unjuk rasa Black Lives Matter (Twitter.com/@SophNar0747)

Iwan mengatakan, aksi unjuk rasa yang terjadi di berbagai negara bagian di AS, mulai dari wilayah Pantai Timur hingga Pantai Barat, telah memasuki hari ketujuh. Sebagian telah menerapkan peraturan jam malam dan status darurat.

"Keselamatan dan keamanan WNI di AS menjadi prioritas utama dan perhatian khusus KBRI Washington DC dan KJRI-KJRI se-AS", ujarnya.

2. Kedubes RI untuk Amerika keluarkan imbauan ke seluruh WNI yang ada di sana

Ilustrasi bendera Amerika Serikat (Instagram/@erictrump)

Sebagai bentuk perlindungan pemerintah Indonesia, semua Perwakilan RI di AS telah mengeluarkan imbauan kepada WNI di sana agar tetap tenang dan berhati-hati, serta tidak keluar rumah kecuali untuk kepentingan atau kebutuhan yang mendesak, seperti membeli kebutuhan rumah tangga sehari-hari atau pergi ke dokter.

"WNI juga kita wanti-wanti agar menjauhi tempat-tempat terjadinya aksi unjuk rasa karena akan membahayakan keselamatan dan keamanan mereka. Patuhi setiap instruksi, kebijakan dan peraturan yang dikeluarkan oleh otoritas setempat,” tuturnya.

Baca Juga: Mengenal George Floyd, Pemicu Aksi Unjuk Rasa di Amerika Serikat

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya