TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dipilih Jokowi Jadi Panglima TNI, Ini Visi dan Misi Andika Perkasa

Andika Perkasa merupakan calon tunggal Panglima TNI

Presiden Joko Widodo (kanan) memasangkan tanda pangkat jabatan kepundak Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) seusai pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/11/2018). Presiden melantik Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi KSAD menggantikan Jenderal TNI Mulyono yang akan memasuki masa pensiun. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Jakarta, IDN Times - Calon Panglima TNI pilihan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Jenderal Andika Perkasa menjalani uji kepatutan dan kelayakan pada Sabtu (6/11/2021) di Kompleks Parlemen DPR/MPR. Di hadapan Anggota Komisi I DPR, Andika memaparkan sejumlah visi dan misi yang akan dijalankan ketika ia resmi jadi Panglima TNI.

Sebelum menyampaikan visi dan misi, ia memohon maaf kepada anggota DPR karena harusnya anggota dewan libur pada hari sabtu, tapi masuk untuk mengujinya. Ia pun membacakan visi dan misi dalam waktu yang singkat.

"Sesuai dengan perintah Komisi I, saya akan menjelaskan, paling lama 5 menit. Memang ini yang saya siapkan," ujar Andika.

Baca Juga: DPR Didesak Tak Jadikan Fit and Proper Test Andika Perkasa Formalitas

1. Andika tidak ingin TNI dipisahkan dari rakyat

Ilustrasi TNI. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Andika menyebut bahwa TNI adalah kita. Maksudnya, TNI tak bisa dipisahkan dari masyarakat.

"Memang sangat singkat tetapi justru di sini saya ingin masyarakat Indonesia, masyarakat internasional melihat TNI sebagai bagian dari mereka," jelasnya.

2. Andika ingin TNI dilihat apa adanya

Ilustrasi/TNI AD ketika bercengkerama dengan Angkatan Darat Amerika Serikat di Markas Besr TNI AD (Dokumentasi TNI AD)

Andika mengatakan TNI di bawah kepemimpinannya bisa saja bekerja profesional. Namun, ia ingin masyarakat melihat TNI sebagai organisasi yang apa adanya dengan segala kekurangannya tapi tetap melakukan perbaikan.

"Tapi juga bukan berarti kita gak bisa berbuat apa-apa. Tetap banyak yang bisa kita lakukan, keterbatasan pun punya cara berbeda, mengejar yang kita selesaikan," ujarnya.

Baca Juga: Ditunjuk Jokowi Jadi Panglima TNI, Ini 8 Fokus Andika Perkasa 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya