TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Korban Longsor Sumedang Bertambah, Total Korban Meninggal 25 Orang

Semua korban tewas telah didata identitasnya, cek di sini

Longsor di Desa Cihanjuang, Sumedang tewaskan 11 orang, data sementara BPPD Sumedang (basarnas.go.id)

Jakarta, IDN Times - Tim Pencarian dan Penyelamatan (SAR) gabungan menemukan korban yang telah dinyatakan meninggal dunia akibat tertimbun tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah mengatakan korban yang ditemukan tim SAR saat ini tercatat ada 25 orang setelah sebelumnya ditemukan 21 orang meninggal dunia lalu ditambah temuan tim 3 orang dan pada dini hari tadi bertambah 1 orang.

Baca Juga: Awal Tahun 2021: Tiga Daerah di Indonesia Dilanda Bencana Alam

1. Tercatat 15 orang masih dinyatakan hilang

Evakuasi korban longsor di Desa Cihanjuang, Sumedang oleh Tim SAR Gabungan (basarnas.go.id)

Dalam proses pencarian korban, tim SAR menggunakan sejumlah alat berat untuk mencari korban dan memindahkan material longsor. Pencarian saat itu dilanjutkan hingga tengah malam akibat cuaca yang kurang mendukung.

Deden mengatakan sejauh ini tercacat ada 15 orang yang dinyatakan hilang dalam peristiwa longsor tersebut. Korban ke-25 yang berhasil ditemukan pada Jumat (15/1) malam, pukul 22.16 WIB, berjenis kelamin laki-laki.

“Korban dalam keadaan meninggal dunia di sektor satu, tepatnya di lapangan voli, selanjutnya korban dibawa ke Puskesmas Sawah Dadap," kata Deden dalam keterangannya di Bandung, Sabtu (16/1/2021) seperti dikutip ANTARA

2. Pencarian korban diperpanjang 3 hari

Evakuasi korban longsor di Desa Cihanjuang Sumedang oleh Tim SAR Gabungan (basarnas.go.id)

Mengingat masih banyak korban yang dinyatakan hilang dalam bencana ini tim SAR memutuskan untuk memperpanjang waktu pencarian korban hingga tiga hari kedepan setelah sepekan berlalu peristiwa longsor di Sumedang yang menewaskan 25 orang yang terdiri dari korban berjenis kelamin perempuan 4 orang dan 21 lainnya berjenis kelamin laki-laki.

"Sesuai dengan SOP pencarian dan pertolongan, Operasi SAR berlangsung 7 hari namun mengingat masih banyaknya korban dan banyaknya permintaan dari keluarga korban, pencarian diperpanjang hingga tiga hari mendatang," kata Deden.

Baca Juga: Ini Strategi Baru Tim SAR di Hari Ke-7 Longsor Sumedang

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya