TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Warga Diduga Keracunan Nasi Kotak di Koja, PSI Minta Maaf

PSI lakukan penyelidikan internal

Ilustrasi tidak enak badan. (IDN Times/Mardya Shakti)

Jakarta, IDN Times - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meminta maaf atas insiden keracunan di Kampung Beting, Koja, Jakarta Utara. Dalam kejadian tersebut, warga diduga mengalami keracunan usai menyantap dari nasi kotak atau rice box berlogo PSI tersebut.

“Makanan siap saji itu bagian dari program Rice Box PSI yang sudah digelar sejak April 2021. Sampai hari ini sudah dibagikan lebih dari 300 ribu di seluruh Indonesia. Selama ini, sama sekali tidak ada masalah. Kejadian seperti di Kampung Beting itu adalah yang pertama kali,” kata Ketua DPD PSI Jakarta Utara, Darma Utama, dalam keterangannya, Senin (25/10/2021).

Baca Juga: Belasan Siswa SMK di Tulungagung Alami Keracunan Makanan Nasi Kotak

Baca Juga: Viani Limardi Resmi Gugat PSI Rp1 Triliun

1. Beri santunan pada 29 orang korban

unsplash.com/Erica Steeves

Darma menjelaskan program rice box PSI melibatkan warung-warung makanan dan UMKM kuliner, yang juga terdampak pandemi, sebagai penyedia atau pemasok. Selain meminta maaf, PSI juga memberikan santunan kepada 29 orang korban dan akan melakukan investigasi.

"Jadi PSI tidak membuat makanan. Kami membagikan dan menghimpun dukungan program ini dari publik," kata Darma.

2. PSI sebut insiden keracunan adalah kelalaian

Ilustrasi nasi kotak (IDN Times/Istimewa)

Dia mengungkapkan, nasi box PSI memiliki esensi untuk mendukung UMKM yang terdampak pandemi agar ekonomi kerakyatan semakin menggeliat. Penyelidikan internal dilakukan supaya kejadian serupa tak terulang.

"Kami telah melakukan penyelidikan internal supaya kasus seperti ini tidak terulang. Kami tetap berpikir positif bahwa ini murni kelalaian semata tanpa unsur kesengajaan. Kami menunggu proses penyelidikan berlangsung,” kata Darma.

Baca Juga: Anies Baswedan Sebut Realisasi UMKM Telah Lampaui Janji Politik 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya