TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gempa Guncang Jember Magnitudo 5,1 dan Pulau Sarang NTB M 4,6

Gempa di Jember terjadi pukul 06.01 WIB

Ilustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Jakarta, IDN Times - Gempa dengan kekuatan cukup besar terjadi di dua lokasi. Pertama di laut 42 km barat daya Jember, Jawa Timur dan kedua Pulau Sarang, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dilansir akun Twitter Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), @infoBMGK, gempa di Jember berkekuatan magnitudo (M) 5,1. Gempa terjadi sekitar pukul 06.10 WIB, Kamis (16/12/2021).

Gempa berada di kedalaman 10 km. Gempa dirasakan di Denpasar dengan skala III MMI, Kuta III MMI, Legian III MMI, Banyuwangi II-III MMI, Jimbaran II MMI, Karangkates II MMI, Lumajang I-II MMI, Bondowoso I-II MMI.

Baca Juga: [UPDATE] 504 Rumah Rusak Akibat Gempa NTT, 3.900 Orang Mengungsi

Baca Juga: [BREAKING] Gempa M 7,4 Guncang NTT, Ada Warga Berlarian Bawa Infus

1. Gempa Pulau Sarang, NTB

Ilustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Gempa juga terjadi di Pulau Sarang, NTB pada Rabu, 15 Desember 2021 sekitar pukul 23.12 WIB. Maginuto gempa 4,6 dengan kedalaman 10 km.

Lokasi gempa berada di laut 13 km barat laut Pulau Sarang. Skala gempa dirasakan di Lombok Utara, Lombok Timur, dan Sumbawa III MMI.

2. Gempa di NTT

Ilustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Pada Selasa, 14 Desember 2021 pukul 10.20 WIB, gempa terjadi di Laut Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Magnitudo gempa 7,4.

Usai gempa, BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami. Selang dua jam, BMKG mencabut peringatan dini tsunami karena tidak ada tanda-tanda air naik.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya