TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Daftar Fortune Indonesia 40 Under 40, Ada Jerome Polin hingga Kaesang

Siapa saja ya, tokoh yang masuk ke daftar ini?

Erastus Radjimin (Founder dan CEO ARTOTELGroup), Belinda Tanoko (Direktur Utama Tanrise Property), dan Dyota M. Marsudi (Presiden Direktur Aladin Syariah) dalam acara Fortune Indonesia Summit 2022 pada Rabu (18/5/2022). (IDN Times/Herka Yanis)

Jakarta, IDN Times - Fortune Indonesia merilis daftar 40 tokoh paling berpengaruh di Indonesia yang usianya belum genap 40 tahun per 31 Desember 2022. Para tokoh ini berasal dari berbagai sektor mulai dari bisnis, entertainment, pemerintahan, sosial hingga olahraga.

Tahun 2023 menjadi tahun kedua Fortune merilis daftar 40 tokoh tersebut dengan tajuk '40 Under 40' (40/40). Rilisannya ini memberikan sorotan khusus bagi individu-individu yang mampu dan berhasil menciptakan serta memanfaatkan peluang yang ada. Mereka yang membuka dan berkontribusi pada terciptanya ratusan hingga ribuan lapangan kerja baru.

Kemudian, mereka yang berperan penting dalam laju bisnis yang mereka jalani, menghadirkan solusi, memberikan dampak positif bagi masyarakat yang ada di sekitarnya, hingga menjadi wakil Indonesia di kancah internasional. Prestasi itu berhasil mereka cetak dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

Baca Juga: Kaesang-Nagita Slavina Masuk Daftar Fortune Indonesia 40 Under 40

Baca Juga: BRI Masuk Jajaran Fortune Indonesia Change The World Lewat AgenBRILink

1. Para tokoh memiliki persamaan

Judithya Pitana, Winston Utomo, Sutanto Hartono, dan Raffi Ahmad dalam Fortune Indonesia Summit 2022, The Future of Media. (IDN Time/Siti Nurhaliza)

Pemimpin Redaksi Fortune Indonesia, Hendra Soeprajitno, mengatakan bahwa sejumlah nama dari daftar tersebut sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, meski beberapa di antaranya juga jarang terdengar. Namun, kata Hendra, para tokoh ini memiliki persamaan satu sama lain.

“Ada persamaaan dari mereka. Kiprah, energi, waktu, kerja keras, semangat pantang menyerah, konsistensi, dedikasi yang mereka berikan berujung pada output positif yang banyak membantu kehidupan kita bersama,” ujar Hendra dalam keterangan tertulis, Kamis (9/2/2023).

“Semoga, mereka bisa terus menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia," lanjutnya.

Baca Juga: 30 Perusahaan Ini Masuk Daftar Fortune Indonesia Change The World

2. Fortune Indonesia terinspirasi dari Walter B. Pitkin hingga John Lennon

Country Director for Meta Indonesia Pieter Lydian di Fortune Indonesia Summit 2022 (IDN Times/Rehia Sebayang)

Fortune Indonesia mengungkapkan, daftar '40 Under 40' ini terinsipirasi dari terminologi Life Begins at Forty. Istilah ini diambil dari judul sebuah buku yang disusun penulis asal Amerika Serikat, Walter B. Pitkin, pada era 1930-an sekaligus menjadi salah satu buku best seller nonfiksi pada masa itu.

Lebih dari nasihat yang panjang lebar, buku itu sebenarnya bercerita mengenai membaiknya harapan hidup warga Amerika Serikat, dari semula 40 tahun menjadi 60 tahun. Pitkin menulisnya karena dunia kala itu sedang menghadapi krisis ekonomi terburuk dan terpanjang dalam sejarah, The Great Depression

Bahkan, John Lennon dari The Beatles sempat membuat lagu dengan judul yang sama. Ironisnya, dia akhirnya ditembak oleh seorang penggemar beratnya dan meninggal pada usia 40. Dalam perjalanannya, istilah itu terlalu seksi untuk dilewatkan begitu saja. 

Bisa jadi, ungkapan 'hidup dimulai ketika usia 40' menjadi pembenaran dari sebuah keadaan agar selalu optimistis.

"Bahwa kesempatan untuk meraih keberhasilan bisa terjadi nanti ketika kita gagal mewujudkannya saat ini. Usia 40 pun dianggap sebuah masa ketika seseorangm eraih kedewasaan dan kematangan," kata dia.

Baca Juga: Kaesang-Nagita Slavina Masuk Daftar Fortune Indonesia 40 Under 40

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya