TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dukung Airlangga Hartarto, JK Minta Tak Ada yang Ganggu Golkar

"Kalau tidak bersatu bagaimana bisa memenangkan pertempuran"

Para senior di Partai Golkar usai melakukan pertemuan di The Dharmawangsa pada Jumat malam, 4 Agustus 2023. (www.instagram.com/@golkar.indonesia)

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bertemu sejumlah senior partai berlambang beringin itu di The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (4/8/2023) malam. Salah satu senior yang hadir di pertemuan itu adalah mantan Ketum Partai Golkar Jusuf "JK" Kalla. 

JK mengingatkan Airlangga soal posisi menjelang Pemilu 2024. Kini, kata JK, Airlangga ibarat jenderal di  sebuah "perang" pesta demokrasi. Airlangga diminta menyiapkan seluruh kader agar solid dan siap berperang. 

"Dibutuhkan soliditas katakanlah untuk bertempur, Pak Jenderal (Airlangga). Kalau tidak bersatu, bagaimana bisa memenangkan pertempuran, iya kan?" ungkap JK seperti dikutip dari keterangan tertulis DPP Partai Golkar pada Sabtu (5/8/2023). 

JK meminta Airlangga memastikan seluruh pengurus di daerah solid. Hal itu disebut penting demi memenangkan Pemilu 2024.

"Kalau daerah solid, pengurus solid, ya apalagi yang dibutuhkan untuk membuat kekuatan dan ini yang dibutuhkan," tutur dia. 

Di sisi lain, pria yang pernah menjabat sebagai wakil presiden sebanyak dua kali itu meminta agar semua pihak tidak mengganggu Golkar. Selain itu, JK juga mendorong agar semua pihak tidak ikut campur terkait kebijakan teknis yang diambil Airlangga untuk memenangkan Golkar di Pemilu 2024.

"Kalau kita mendukung partainya, berarti kita mendukung Pak Airlangga tentunya dalam mengambil kebijakan. Itu intinya. Kita tidak mau mencampuri kebijakan teknis yang diberlakukan di partai," ujarnya lagi. 

Baca Juga: Mayoritas Pemilih Golkar Dinilai Merapat ke Prabowo Dibanding Ganjar

Baca Juga: JK Optimistis Anies Baswedan Menang Pemilu 2024

1. JK berharap pertemuan bisa menyatukan seluruh kader

Para senior di Partai Golkar usai melakukan pertemuan di The Dharmawangsa pada Jumat malam, 4 Agustus 2023. (www.instagram.com/@golkar.indonesia)

JK mengatakan pertemuan yang digelar semalam diharapkan bisa menyatukan seluruh kader untuk memenangkan partai dengan lambang beringin hijau itu di Pemilu 2024.

"Ini penting untuk mendorong moral struktural dan kesatuan kita. Bahwa, nanti apa yang jadi kebijakan oleh pengurus atau Golkar, tentu kita serahkan seperti apa yang diamanatkan di dalam Munas atau rakernas," kata dia. 

Munas 2019 memberikan mandat kepada Airlangga selaku ketua umum untuk mendukung sosok capres atau cawapres di Pemilu 2024.

Selain JK, ada pula senior lain di Partai Golkar yang hadir yaitu Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Pakar Agung Laksono, Ketua Dewan Etik Golkar Muhammad Hatta dan Theo Sambuaga. 

Ada pula Sekjen DPP Partai Golkar yaitu Lodewijk F Paulus dan Iskandar Mandji. Airlangga mengatakan undangan makan malam tersebut disampaikan oleh para senior kepada juniornya di Golkar. 

Baca Juga: Golkar Tak akan Dukung, Anies Baswedan: Bukan Kejutan

2. Golkar targetkan 120 kursi DPR pada 2024

Para senior di Partai Golkar usai melakukan pertemuan di The Dharmawangsa pada Jumat malam, 4 Agustus 2023. (www.instagram.com/@golkar.indonesia)

Di hadapan JK dan politikus senior lainnya, Airlangga menyebut, Partai Golkar menargetkan 116 hingga 120 kursi di DPR RI pada Pemilu 2024. Jumlah itu setara dengan 20 persen kursi parlemen di Senayan. 

"Saya juga menyampaikan secara khusus untuk Pilpres, Partai Golkar dan seluruh DPP dan DPD mengamanatkan untuk menjaga keputusan munas, rapimnas dan rakernas, termasuk dalam pertemuan yang dilakukan di Bali (dengan ketua DPD I)," ujar Airlangga. 

Baca Juga: JK Blak-blakan Ungkap Butuh Modal Rp600 Miliar untuk Jadi Ketum Golkar

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya