TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Survei LSJ: Elektabilitas Prabowo Tak Tergoyahkan, Puan-AHY Terus Naik

Tingkat elektabilitas Prabowo tertinggi di kurun 1,5 tahun

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) saat Pilpres 2019. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Jakarta, IDN Times - Prabowo Subianto memiliki tingkat elektabilitas tertinggi dalam kurun waktu 1,5 tahun terakhir dibandingkan calon-calon lainnya untuk Pilpres 2024. Data tersebut didasarkan hasil survei yang digelar Lembaga Survei Jakarta (LSJ) pada September 2022.

Direktur Riset LSJ, Fetra Ardianto menyampaikan, hasil survei LSJ kali ini kembali menegaskan bahwa Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi ketimbang nama-nama lainnya. 

"Hasil ini sekaligus juga menegaskan bahwa elektabilitas dari Prabowo Subianto belum tergoyahkan posisinya di puncak elektabilitas sejak lembaga-lembaga riset melakukan survei, sejak 1,5 tahun lalu," kata Fetra dalam konferensi pers secara daring, Selasa (27/9/2022).

Baca Juga: Soal Rencana Maju Capres, Anies: Kita Tunggu Saja Nanti

Baca Juga: Elektabilitas PKB, PDIP, dan Gerindra Bersaing, Golkar Mengancam

1. Elektabilitas Ganjar dan Anies cenderung stagnan

Dok. LSJ

Dalam survei LSJ itu disebutkan, Prabowo mempunyai elektabilitas 31,5 persen. Kemudian, disusul urutan kedua Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 20,8 persen, dan urutan ketiga Anies Baswedan dengan elektabilitas 16,9 persen.

"Sejak survei pertama LSJ bulan Januari 2022 elektabilitas Ganjar dan Anies cenderung stagnan," ungkap Fetra.

2. Elektabilitas Puan, AHY, dan Erick Thohir meningkat

IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Posisi keempat yakni Ridwan Kamil dengan elektabilitas 7,2 persen. Lalu kelima Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabitas 5,9 persen, Puan Maharani sebesar 3,1 persen, dan Erick Thohir sebesar 2,8 persen.

"Puan Maharani, Agus Harimurty (AHY) dan Menteri BUMN Erick Thohir mengalami peningkatan elektabilitas yang lumayan dibandingkan survei-survei LSJ sebelumnya," ujar Fetra.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya