TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Moeldoko: Kekerasan di Poso Bukan Persoalan Agama

Moeldoko minta soliditas tokoh agama diperkuat

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Dok. KSP)

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf Presiden, Moeldoko, menerima kedatangan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Tengah di Kantor Staf Presiden, Rabu (16/6/2021). Dalam pertemuan itu, Moeldoko dan FKUB membahas tentang situasi keamanan di Poso. Moeldoko menegaskan, konflik di Poso bukanlah persoalan agama.

"Masyarakat jangan mudah terprovokasi. Apa yang terjadi di Poso bukan persoalan agama,” kata Moeldoko dalam keterangan tertulis yang dikeluarkan Kantor Staf Presiden (KSP).

Baca Juga: Kapolri Klaim Kelompok MIT Poso Ali Kalora Tersisa 9 Orang 

1. Moeldoko tegaskan tidak ada satu agama pun yang membenarkan pembunuhan

Kepala Staf Presiden, Moeldoko (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Dalam kesempatan ini, Moeldoko meminta FKUB terus memberikan perhatian untuk memperkuat soliditas antar tokoh beragama sehingga forum ini menjadi efektif. Menurut Moeldoko, sosialisasi ke masyarakat juga harus terus dilakukan agar tidak mudah terprovokasi.

“Karena tidak ada satu agama pun yang membenarkan pembunuhan maupun kekerasan,” ucap Moeldoko.

2. FKUB sebut masyarakat sudah sadar konflik di Poso bukan persoalan agama

Ilustrasi teroris (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara, Ketua FKUB Sulawesi Tengah KH Zainal Abidin menyampaikan, saat ini kondisi di Poso sudah aman dan terkendali. Masyarakat sudah menyadari bahwa konflik tersebut bukanlah persoalan agama, namun hanya kelompok kriminal yang mencoba mencari perhatian.

"Kekerasan yang dilakukan kelompok MIT sebenarnya intensitasnya sudah sangat kecil. Namun kelompok ini melakukan dengan cara sadis dan kejam mencoba menarik perhatian dunia,” kata Zainal.

Baca Juga: Teroris MIT Poso Berulah Lagi, 4 Petani di Desa Klimago Tewas

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya