TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Satgas COVID-19: Indonesia Ajukan Bantuan Rapid Test Antigen pada WHO

Akurasinya disebut lebih tinggi dari rapid test antibodi

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito di Kantor Presiden, Kamis (27/8/2020) (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, Indonesia akan mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan paket rapid test antigen COVID-19 dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pengajuan ini dilakukan agar Indonesia bisa mendeteksi lebih cepat kasus virus corona.

"Kami telah berkomunikasi dengan perwakilan WHO yang ada di Indonesia, dan kami telah memohon untuk bisa dapat dipertimbangkan mendapatkan bantuan dari WHO untuk tes cepat ini," kata Wiku dalam keterangan pers yang disiarkan di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 1 September 2020.

Baca Juga: WHO: 120 Juta Kit Tes Cepat Antigen akan Diberikan ke Negara Miskin

1. Pemerintah akan upayakan mendapatkan rapid test antigen dari WHO

Salah satu pemain Persik Kediri saat menjalani tes swab di mess pemain, IDN Times/ istimewa

WHO memang telah mengumumkan akan menyediakan 120 juta tes cepat atau rapid test untuk virus corona di 133 negara. Rapid test tersebut diprioritaskan kepada negara-negara middle income country, dan negara-negara dengan jumlah kasus yang besar.

"Apakah pemerintah Indonesia akan menyelenggarakan ini? Pastinya iya, kami sudah mendapatkan rekomendasi dari WHO terhadap rapid test antigen yang kualitasnya baik," kata Wiku.

2. Satgas sebut rapid test antigen akurasinya lebih tinggi

Ilustrasi. Atlet Pelatnas PBSI jalani tes swab (Dok.IDN Times/PBSI)

Sesuai rekomendasi WHO, alat rapid test antigen ini diyakini lebih akurat dibanding rapid test antibodi yang selama ini dipakai di Indonesia. Maka dari itu, pemerintah akan mengupayakan mendapatkan rapid test antigen. 

"Sedang kami review untuk selanjutnya, mungkin akan digunakan dan tentunya akurasinya yang lebih tinggi dan karena ini pendeteksi antigen, tentunya akan lebih baik dalam mendeteksi antibodi, dalam rangka proses screening, sebelum selanjutnya dilakukan tes penegakan diagnosa dengan real time PCR," jelas Wiku.

Baca Juga: Jangan Bingung! Ini Bedanya Rapid Test Antibodi dan Rapid Test Antigen

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya