TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BLT BBM Tahap II Segera Cair, Begini Cara Cek Data Penerima

BLT BBM yang diterima Rp600 ribu

ilustrasi BBM (IDN Times/Aditya Pratama)

Jakarta, IDN Times - Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) tahap dua bakal segera dicairkan pada Desember 2022. Diketahui, realisasi penyaluran BLT BBM baru setengah dari alokasi anggaran.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan alokasi anggaran untuk BLT BBM sebesar Rp12,4 triliun. Namun hingga akhir Oktober 2022 baru terealisasi Rp6,21 triliun.

Baca Juga: Pos Indonesia Salurkan BLT BBM ke 63.000 KPM di Solo 

1. Penyaluran secara bertahap disesuaikan Kementerian Sosial

Ilustrasi uang rupiah (IDN Times/Shemi)

Terkait penyaluran bantuan yang dibuat secara bertahap, Sri Mulyani mengatakan, hal itu sesuai kebijakan dari Kementerian Sosial (Kemensos). Sehingga sisa alokasi BLT BBM akan dibayarkan pada Desember 2022. Artinya, sampai akhir tahun realisasi penyaluran BLT BBM mencapai Rp12,4 triliun.

"Ini sekarang sudah direalisir Rp6,21 triliun karena memang Kementerian Sosial sengaja membayarkannya separuh dulu, dan nanti separuh akan mulai dibayarkan pada Desember ini," kata dia dalam konferensi pers APBN KiTa.

"Jadi nanti realisasinya akan mencapai Rp12,4 triliun tapi penyaluran sampai dengan akhir Oktober memang dibuat dan didesain separuh dulu," sambung Sri Mulyani.

Baca Juga: Penyaluran BLT BBM Tahap 2, PKH, BNPT di Bali Lancar

2. Nominal BLT BBM hingga Rp600 juta

ilustrasi dana (IDN Times/Aditya Pratama)

BLT BBM yang disalurkan, per orangnya akan mendapat Rp600 ribu untuk empat bulan, namun penyalurannya dua kali. Untuk tahap pertama disalurkan pada awal September ini senilai Rp300 ribu.

Untuk tahap kedua, BLT BBM akan disalurkan awal Desember 2022. Nilai yang akan diterima penerima yakni sisanya Rp300 ribu.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya