Kalapas Sukamiskin Pastikan Kabar Setnov Keluyuran Hoaks

Setnov masih berada di dalam lapas Sukamiskin

Bandung, IDN Times - Kepala Lapas Sukamiskin Abdul Karim memastikan terpidana korupsi Setya Novanto berada di dalam kamar tahanannya. Kabar mengenai Setnov yang keluyuran ke luar lapas dipastikan hoaks alias kabar bohong.

Geger Setnov keluyuran keluar lapas tersebut bermula dari cuitan akun Buya Eson dengan nama @emerson _yuntho. Dalam cuitannya, ia menyebut Setnov tidak berada di Lapas Sukamiskin.

"Netizen. Butuh bantuannya telah hilang Bapak @sn_setyanovanto Hingga kemarin belum kembali ke tempat tinggalnya di Sukamiskin Bandung. Kulit putih.Usia 62 tahun. Ada hadiah bagi siapapun yang memberikan informasi. Cc @Kemenkumham_RI @OmbudsmanRI137," tulisnya.

Baca Juga: Mengungkap Kamar Berukuran Ekstra Milik Setnov di Lapas Sukamiskin

1. Ciutan tersebut dipenuhi komentar oleh warganet

Kalapas Sukamiskin Pastikan Kabar Setnov Keluyuran Hoaks(Terpidana Setya Novanto) ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Dari ciutan itu, warganet mulai ramai turut mengomentari, mulai dari menuduh Setnov ingin tahun baru hingga berfikir kritis bahwa ciutan tersebut adalah bohong atau hoaks. Seperti akun @vivere27970606 yang menanggapi ciutan tersebut dengan kritis.

"Logikanya begini, orang keluar harus lewat pintu utama yang dijaga 24jam. Yang punya otoritas tertinggi terhadap keluar masuknya adalah kepala KPLP dan kalapas. Dua orang itu harus dinterogasi, proses dan pecat," tulisnya dalam kolom komentar.

Baca Juga: Ini Kamar Mewah Lapas Sukamiskin yang Pernah Ditempati Setya Novanto

2. Warganet menuduh ada penjual tiket keluar masuk lapas

Kalapas Sukamiskin Pastikan Kabar Setnov Keluyuran HoaksANTARA FOTO/Putra Haryo Kurniawan

Warganet lainnya juga turut mengomentari ciutan tersebut, akun @ed_tirta justru malah menuduh bahwa Lapas Sukamiskin memang menjual tiket untuk bisa keluar masuk lapas sesuka hati. Ia pun ingin Setnov jujur berapa tarif keluar lapas Sukamiskin.

"Bukan rahasia umum di penjara bs beli tiket kluar masuk. Pak setnov cerita donk tarif di lapas..pricelist nya," tulisnya.

3. Kalapas benarkan kabar tersebut hoaks

Kalapas Sukamiskin Pastikan Kabar Setnov Keluyuran HoaksKalapas Sukamiskin, Abdul Karim (IDN Times/Galih Persiana)

Kemudian IDN Times mencoba konfirmasi kepada Kepala Lapas Sukamiskin Abdul Karim. Ia mengatakan, kabar yang beredar tersebut tidaklah benar. Informasi tersebut adalah bohong.

"Itu hoaks itu," kata Abdul saat di konfirmasi wartawan, Senin (23/12).

4. Tidak ada izin Setnov keluar lapas Sukamiskin

Kalapas Sukamiskin Pastikan Kabar Setnov Keluyuran HoaksIDN Times/Galih Persiana

Abdul menegaskan, dirinya tidak pernah mengeluarkan izin atau ada pengajuan diri dari Setnov untuk izin keluar lapas dalam beberapa minggu kemarin. Sambung dia, Setnov saat ini masih di Lapas Sukamiskin.

"Tidak ada kok, dia (Setnov) masih ada disini," tegasnya.

Abdul menyebut, informasi terkait keluarnya Setnov dari Sukamiskin tidak jelas sumbernya. Ia pun memastikan, Setnov berada di dalam lapas Sukamiskin.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Mengungkap Kamar Berukuran Ekstra Milik Setnov di Lapas Sukamiskin

Baca Juga: Masih Berfasilitas Ekstra, Kamar Setnov di Sukamiskin Segera Dibongkar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya