Comscore Tracker

Begini Kecewanya Peserta SMUP Unpad yang Gagal Ujian karena Internet

Sempat terjadi cekcok dengan orangtua peserta seleksi Unpad

Bandung, IDN Times - Kendala koneksi internet mengakibatkan calon mahasiswa yang menjadi peserta Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) dengan menggunakan aplikasi Mobile Assisted Testing (MAT) pada perangkat Android gagal ujian. 

Alhasil, seleksi penerimaan mahasiswa baru Unpad sesi 1 dan 2 yang digelar pada Sabtu (6/7), gagal terlaksana secara maksimal.

Salah seorang peserta berinisial A menuturkan, sebelum tes SMUP dirinya sudah mempersiapkan diri dengan belajar segiat mungkin karena memang bertekad masuk jurusan yang dia inginkan. Namun, dia kecewa lantaran koneksi internet membuat tes harus selesai sebelum waktunya.

"Sudah masuk ruangan terus semuanya berjalan seperti biasa. Sebetulnya jalan, cuma internetnya kadang suka lemot, kebetulan aplikasinya sensitif, jadi misalnya internetnya lemot itu suka langsung keluar gitu," ujar dia kepada IDN Times, melalui sambungan telepon, kemarin.

Baca Juga: Ujian Mandiri dengan Ponsel Berakhir Eror, Unpad Gelar Tes Ulang

1. Saat mulai mengerjakan soal ujian, internet 'ngadat'

Begini Kecewanya Peserta SMUP Unpad yang Gagal Ujian karena InternetInstagram/UniversitasPadjadjaran

A menuturkan, pada saat masuk ruangan ujian semua berjalan baik. Ketika aplikasi dibuka pun tidak ada masalah. Namun, pada saat mulai mengerjakan soal internet langsung mengalami kendala.

Ketika internet ngadat, aplikasi tiba-tiba keluar sehingga calon peserta harus mengulang kembali aplikasi tersebut dari awal.

Padahal menurutnya, para peserta sudah bisa masuk ke aplikasi tersebut. Namun saat mengerjakan soal, internetnya mengalami kendala. "Kalau pas (internet) misalnya lemah tiba-tiba keluar, soalnya aplikasinya sensitif sama internetnya," kata dia.

Baca Juga: Skripsi Mahasiswi Unpad Ini Jadi Perbincangan Politisi Tanah Air

2. Sempat tak ada kejelasan dari panitia SMUP

Begini Kecewanya Peserta SMUP Unpad yang Gagal Ujian karena InternetDok.IDN Times/Istimewa

Hal yang membuat A sangat kesal yakni ketidakjelasan panitia dalam memastikan nasib mereka. Calon mahasiswa di sana tentu bertanya-tanya, apakah ujiannya ditunda atau dilanjutkan.

A yang masuk ke ruangan sejak pukul 08.30 WIB, dan mengerjakan soal dengan internet muncul tenggelam, baru mendapat kepastian pada pukul 11.00 WIB. Panitia menginformasikan bahwa tes seleksi akan diulang pekan depan. A punya semringah, karena kembali punya waktu untuk mempersiapkan diri.

"Rencana diundur, ada info tanggal (13/7) katanya. Bikin senangnya karena diundur itu saya bisa jadi belajar lagi," ungkapnya.

Baca Juga: Alumni Unpad? 6 Hal Ini Pasti Bikin Kamu Kangen Berat Sama Jatinangor

3. Orangtua calon mahasiswa dari luar kota geram dengan kejadian ini

Begini Kecewanya Peserta SMUP Unpad yang Gagal Ujian karena Internetwikipedia.org

Sementara itu, calon mahasiswa lainnya, M, menyebut dalam kejadian ini orangtua siswa dari luar kota yang turut mengantarkan anaknya tes ujian sempat bersitegang. Panitia yang memutuskan tes diundur pekan depan mendapat penolakan dari orangtua siswa.

"Ya itu ada cekcok orangtua sama panitia. Yang orangtua bilang sudah jauh-jauh datang ke Unpad," ujar M.

Sementara terkait dengan tes yang dilakukan, M juga kesal karena aplikasi yang digunakan kerap eror padahal baru mengisi beberapa soal. Ini sangat menghambat karena dia harus kembali mengisi dari awal.

"Baru satu soal terus eror. Isi beberapa soal eror lagi. terus sempat internet enggak jalan selama 15 menit pas pertengahan," ungkapnya. Dia berharap ke depannya Unpad mampu memperbaiki jaringan agar calon mahasiswanya tak kembali mengalami kendala serupa.

Baca Juga: Gagal Ujian Karena Koneksi Internet, Peserta SMUP Unpad Kecewa

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya