Comscore Tracker

Berbalut Kebaya, Puluhan Perempuan Naik Vespa dalam Kartini Ride

Siapa bilang perempuan pengendara vespa tak bisa anggun

Bandung, IDN Times - Puluhan perempuan dari berbagai kalangan meramaikan peringatan Hari Kartini dengan mengikuti Kartini Ride di Kota Bandung, Minggu(21/4). Uniknya, acara ini mewajibkan para perempuan yang mengendarai vespa mengenakan pakaian kebaya.

Koordinator acara Kartini Ride, Rucke Mabu mengatakan kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk peringatan Hari Kartini. Dengan emansipasi sebagai simbol utama Kartini, Kartini Ride ini bertujuan untuk memperlihatkan kemmpuan para perempuan mengendarai kendaraan roda dua, khususnya vespa, yang selama ini identik dengan laki-laki.

Kartini Ride bukan diadakan tahun ini saja. Tahun lalu, Mabu bersama teman-teman telah menginisiasi penyelenggaraan serupa. Pada Kartini Ride 2018 jumlah perempuan pengendara vespa yang ikut mencapai 50 orang.

"Sekarang nambah ada sekitar 70. Belum yang laki-lakinya juga banyak yang ikut," papar Mabu.

1. Ajang silaturahmi perempuan pengguna vespa

Berbalut Kebaya, Puluhan Perempuan Naik Vespa dalam Kartini RideIDN Times/Debbie Sutrisno

Mabu menuturkan, dalam ajang Kartini Ride, berupaya mempersatukan para perempuan yang menggunakan vespa dalam beraktivitas sehari-hari maupun untuk berekreasi. "Ini cara kita untuk bersilaturahmi sesama pengendara," ujar Mabu, Minggu (21/4)

Dia menuturkan, selama ini banyak perempuan pengendara vespa jarang berkumpul dalam satu komunitas tertentu, maka dengan adanya Kartini Ride ini dia berharap semakin banyak para perempuan penyuka vespa bisa saling kenal dan menjadi teman baru dalam berkendara.

2. Diisi juga dengan bagi-bagi bunga di car free day

Berbalut Kebaya, Puluhan Perempuan Naik Vespa dalam Kartini RideIDN Times/Debbie Sutrisno

Sebagai bentuk peringatan Hari Kartini, para pengendara vespa ini juga membagi-bagikan bunga yang jumlahnya mencapai 1.100 tangkai. Bunga ini dibagikan kepada masyarakat khususnya para perempuan yang tengah berada di car free day di jalan Ir H Djuanda (dago).

Tak hanya itu bunga, mereka juga membagikan asbak portable agar para perokok tidak membuang puntung rokok di sembarang tempat. "Ini cara kita untuk menjaga kebersihan Kota Bandung," imbuh Mabu.

Selain di car free day, acara itu juga dilakukan sekitar di Jalan Asia Afrika yang memang ramai pengunjung baik dari dalam kota maupun luar kota. Tak hanya membagikan bunga dan upaya menjaga kebersihan kepada para perokok, Mabu menyebut pihaknya mengajak masyarakat khususnya para pengendara kendaraan motor agar bisa lebih hati-hati dalam berkendara.

"Misalnya dengan menggunakan helm serta melengkapi kelengkapan kendaraan seperti kedua spion."

Baca Juga: Tebar Diskon Brand Wanita di Hari Kartini, Yuk Borong!

3. Para perempuan penyuka vespa terlihat anggun dalam balutan kebaya

Berbalut Kebaya, Puluhan Perempuan Naik Vespa dalam Kartini RideIDN Times/Debbie Sutrisno

Mabu menuturkan, selama ini para pengendara kendaraan roda dua baik laki-laki maupun perempuan selalu diasosiasikan dengan kesan tidak rapi, identik dengan setelan celana jeans dan jaket. Melalui Kartini Ride ini, pihaknya ingin memperlihatkan kepada masyarakat bahwa pengendara motor khususnya para perempuan juga bisa berpenampilan rapi, seperti misalnya menggunakan kebaya.

Meski demikian, Mabu memastikan bahwa perempuan tetap harus menyesuaikan dengan kodratnya. Perempuan derajatnya bisa setara dengan laki-laki dalam berbagai hal. Namun, tetap saja ada sesuatu yang tidak bisa ditentang perempuan meski emansipasi telah ada seperti sekarang.

"Perempuan ini bukannya harus nurut. Tapi, harus saling membantu dengan laki-laki," paparnya.

Sementara itu, Ferbima, perempuan muda yang ikut dalam Kartini Ride menuturkan, peringatan Hari Kartini merupakan upaya dari kaum perempuan untuk memperlihatkan bahwa mereka memiliki hak yang sama dengan laki-laki banyak hal.

Baca Juga: Cerita Vespa: Dari Sekedar Hobi Hingga Jadi Penopang Hidup

Topic:

  • Anata Siregar

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 22:15:04

Progress: 764.269 dari 813.350 TPS (93.96557%)

Just For You