Comscore Tracker

6 Tips Simpel Agar Kamu Jadi Kartini Masa Kini yang Penuh Prestasi

Kartini telah menginspirasi jutaan wanita Indonesia

Ketika berbicara tentang Kartini, hal pertama yang ada di benak seseorang tentunya menyangkut emansipasi wanita. Emansipasi artinya persamaan hak dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat (seperti persamaan hak kaum wanita dengan kaum pria).

Gerakan emansipasi itu pun telah banyak dilakukan oleh wanita di dunia, termasuk Indonesia. Berkat gerakan itulah, sehingga sekarang banyak wanita-wanita berprestasi yang mengharumkan nama Indonesia.

Wanita-wanita yang demikian, saat ini lebih dikenal sebagai Kartini masa kini. Kartini masa kini adalah wanita yang mandiri, baik secara finansial maupun dalam kepribadian, serta memiliki kecerdasan dan daya guna, yang artinya mampu memberikan manfaat, baik itu untuk diri mereka sendiri maupun untuk lingkungannya.

Kamu nggak perlu memiliki segudang prestasi ataupun usaha yang luar biasa untuk bisa menjadi Kartini masa kini. Cukup lakukan enam hal sederhana berikut ini.

1. Berpikiran positif

6 Tips Simpel Agar Kamu Jadi Kartini Masa Kini yang Penuh Prestasipexels/moosephotos

Seorang Kartini masa kini memiliki pribadi yang menarik dan luar biasa. Dia tidak mudah terpengaruh oleh perkataan orang lain tentang dirinya dan percaya bahwa ia mampu meraih impiannya meski orang lain berkata sebaliknya. Seperti sosok Kartini yang berpikiran positif bahwa ia mampu membawa perubahan besar bagi kaumnya meskipun di zaman itu hal tersebut hampir mustahil.

2. Menjadi wanita cerdas dan berani

6 Tips Simpel Agar Kamu Jadi Kartini Masa Kini yang Penuh Prestasiinstagram.com/maudyayunda

Seperti Ibu R.A. Kartini yang cerdas dan juga berani menyuarakan isi kepalanya, Kartini masa kini pun harus memiliki sifat yang sama, harus cerdas dan berani seperti beliau. Kemukakan apa pun yang terlintas dalam benakmu selagi itu benar dan baik untuk kemajuan dan perubahan di lingkungan sekitarmu. Bukankah untuk membuat Indonesia lebih baik lagi adalah dimulai dari diri sendiri dan lingkungan kecil dahulu?

3. Peka

6 Tips Simpel Agar Kamu Jadi Kartini Masa Kini yang Penuh Prestasiinstagram.com/joleneemarie

Sendainya Ibu Kartini tidak peka dengan lingkungan di sekitarnya, mungkin hingga saat ini wanita Indonesia tidak bisa mengenyam pendidikan seperti kaum laki-laki. Atas dasar kepekaan pada lingkungan sekitarnyalah Raden Ajeng Kartini menyadari bahwa di masanya derajat laki-laki dan wanita sungguh jauh berbeda, khususnya di bidang pendidikan. Untuk itulah ia ingin mengangkat derajat kaum wanita agar setara dengan para laki-laki. Kamu pun sebenarnya bisa membawa perubahan di sekitarmu asalkan kamu mau sedikit peka atas permasalahan yang ada.

4. Bersosialisasi

6 Tips Simpel Agar Kamu Jadi Kartini Masa Kini yang Penuh Prestasipexels/rawpixel

Seorang Kartini masa kini harus mampu menjaga hubungan baik dengan orang lain serta terbuka akan perubahan dan kritik dari orang lain. Semakin banyak kamu bergaul dengan orang dari berbagai latar belakang, wawasanmu pun akan bertambah maka pikiranmu pun semakin terbuka. Kamu pun bisa mengembangkan sayapmu lebih lebar dan memberikan manfaat yang berarti untuk orang-orang di sekitarmu.

Baca Juga: Tak Hanya Kartini, 7 Tokoh Wanita Ini Juga Perjuangkan Emansipasi

5. Buktikan kalau kamu juga bisa

6 Tips Simpel Agar Kamu Jadi Kartini Masa Kini yang Penuh Prestasipexels/pixabay

Meskipun emansipasi wanita telah merajalela, masih ada beberapa orang yang menganggap beberapa hal tidak cocok untuk dilakukan oleh wanita karena mereka menganggap bahwa wanita tidak bisa melakukannya. Untuk mengubah persepsi ini, tidak ada cara lain selain dengan membuktikannya bahwa kamu bisa. 

6. Tanamkan kesadaran bahwa wanita adalah makhluk yang kuat dan istimewa

6 Tips Simpel Agar Kamu Jadi Kartini Masa Kini yang Penuh Prestasipexels/brucemars

Kamu harus meyakini dengan pasti bahwa dirimu itu adalah seorang wanita yang diciptakan Tuhan untuk menjadi makhluk yang pantas dicintai dan dihormati. Tuhan menciptakan sosok hebat terlahir dari rahim seorang wanita dan membentuk pribadi hebat dari didikannya. Tuhan juga menyertakan perasaan yang kuat sekaligus sangat rapuh pada diri wanita. Kamu harus yakin dan percaya bahwa kamu itu sungguh istimewa. Kamu pun bisa menjadi Kartini masa kini.

 

Perayaan hari Kartini tidak cukup dengan hanya mengucapkan “Selamat Hari Kartini” dan kawan-kawannya. Kita sebagai wanita Indonesia patut menghargai dan mengenang perjuangan beliau dengan cara berusaha menjadi “Kartini masa kini”. Selamat Hari Kartini 2019.

Baca Juga: Terpesona Anak Band, 5 Artis Wanita Ini Jatuh ke Pelukan Drummer Kece

Anisa Dwi Oktariani Photo Community Writer Anisa Dwi Oktariani

Hi! I am Anisa. Public relation is my profession but writing is my passion. Trying to make differences by my words. You are beautiful, just remember it. God is always with us. :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 10:15:03

Progress: 750.874 dari 813.350 TPS (92.31868%)

Just For You