Comscore Tracker

Cerita Calon Jemaah Haji Bandung 7 Tahun Menanti, Gagal Haji Tahun Ini

Uhun berdoa semoga tahun depan diberi umur dan kesehatan

Bandung, IDN Times - Uhun bin Dimi kecewa lantaran tahun ini dia batal berangkat ke tanah suci lantaran pandemik COVID-19 yang melanda dunia. Calon jemaah haji asal Bandung, Jawa Barat  ini mendapat informasi bahwa pemberangkatan haji tahun ini diundur satu tahun hingga 2021.

Padahal, pria 64 tahun ini mengaku sudah menunggu selama tujuh tahun untuk mendapat jatah satu kursi agar bisa menjalankan ibadah haji di Makkah.

"Dulu katanya menunggu setahun, tapi mundur terus sampai sekarang pas jadwal pemberangkatan 2020 malah ada corona (pandemik COVID-19)," ujar Uhud, Rabu (3/6).

1. Semua persyaratan sudah dikantongi, namun kehendak Allah berkata lain

Cerita Calon Jemaah Haji Bandung 7 Tahun Menanti, Gagal Haji Tahun IniRamadan hari pertama di Masjidil Haram (ANTARA FOTO/REUTERS/Ganoo Essa)

Kekecewaan Uhun karena gagal berangkat haji tak terbendung, apalagi semua persyaratan telah berhasil dia selesaikan. Pengecekan secara fisik dan kemampuan finansial sudah rampung dicek. Meski badannya sudah tak bisa tegap seperti waktu muda, tapi dia optimis bisa melalui semua tahapan haji.

Sayang, wabah yang menyerang global ini akhirnya meruntuhkan keamanan di berbagai negara, bukan hanya di Indonesia. Uhun pun hanya bisa menerima takdir dari Sang Pencipta.

"Tinggal menerima saja. Innalillahi. Namanya kehendak Allah, mau menggerutu juga tidak ada gunanya kan," kata dia.

Baca Juga: Begini Prosedur Pengembalian Uang Jemaah yang Batal Berangkat Haji

2. Berharap tahun depan masih diberikan umur dan kesehatan agar bisa menjalankan ibadah haji

Cerita Calon Jemaah Haji Bandung 7 Tahun Menanti, Gagal Haji Tahun IniIlustrasi Jemaah Haji (Dok. Kemenag)

Semula Uhun bersemangat naik haji karena kondisi kesehatannya mulai membaik. Apalagi pendamping yang akan mendampinginya memberikan lecutan semangat agar Uhun bisa menyelesaikan semua tahapan dalam ibadah haji

"Saya memang sudah tidak bisa berdiri lama. Dokter juga merekomendasikan bawa kursi roda. Untuk salat juga dari ruku sampai berdiri sudah tidak kuat," kata dia.

Uhun hanya bisa berharap pada Allah diberi kesehatan, umur, dan kesempatan agar tahun depan bisa mengikuti ibadah haji.

Selain stroke, Uhun juga ternyata memiliki penyakit prostat. Kondisi ini memaksa ini sering buang air kecil dan menjadikannya sulit tidur ketika perjalanan jauh.

3. Uhun berdoa semoga kondisi dunia segera membaik dan terbebas dari pandemik COVID-19

Cerita Calon Jemaah Haji Bandung 7 Tahun Menanti, Gagal Haji Tahun IniMasjidil Haram, Makkah (IDN Times/Mela Hapsari)

Dengan kejadian ini, Uhun tak henti memanjatkan doa kepada-Nya agar kondisi di seluruh negara kembali normal. Termasuk di Arab Saudi, sehingga masyarakat muslim dari seluruh penjuru dunia bisa kembali menunaikan ibadah haji.

Uhun yakin banyak jemaah di luar sana yang memiliki kondisi kesehatan tak jauh berbeda darinya. Dia berharap siapa pun yang gagal berangkat haji tahun ini bisa diberi umur panjang agar mampu menjalankan ibadah ke tanah suci tahun depan.

"Saya sudah membulatkan niat dan tekad, mudah-mudahan Allah memberikan saya umur karena usia saya sekarang sudah 64. Diberi bonus satu tahun dari usia nabi (Muhammad SAW)," ucapnya.

Baca Juga: Kisah Lutfiana Batal Naik Haji setelah Jual Mobil Demi ke Tanah Suci

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya