Kapolri: Lonjakan Arus Mudik Akan Terlihat 3 Hari Jelang Lebaran

Pemudik harus cermat menentukan jalur perjalanannya

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian  bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengecek kesiapan pengamanan mudik lebaran di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jumat (31/5/2019).

Selain Kapolri dan Panglima TNI, hadir juga Menteri Kesehatan Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek dan Kabasarnas Madya (TNI) Bagus Puruhito, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mohammad Efendi dan Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel.

Menurut Tito, dengan waktu libur Lebaran yang panjang selama sembilan hari, diperkirakan tidak akan ada puncak arus mudik sehingga tidak akan terjadi penumpukan ataupun kemacetan.

1. Waktu liburan Lebaran selama 9 hari

Kapolri: Lonjakan Arus Mudik Akan Terlihat 3 Hari Jelang LebaranIDN Times/Fariz Fardianto

Tito mengungkapkan musim libur Lebaran 2019 bertepatan dengan libur ibadah Kenaikan Isa Al Masih serta peringatan Hari Lahir Pancasila.

"Kita lihat waktunya sangat panjang, dimulai tanggal 29, terus libur Kenaikan Isa Almasih tanggal 30, dan tanggal 31 bukan libur bersama, tapi mungkin ada yang mengambil cuti," ujarnya.

Baca Juga: Kapolri Lakukan Mutasi pada Sejumlah Kapolda dan Perwira Tinggi

2. Masyarakat punya banyak pilihan menentukan waktu mudiknya

Kapolri: Lonjakan Arus Mudik Akan Terlihat 3 Hari Jelang LebaranIDN Times/Mahendra

Dengan rentang liburan yang panjang itu, menurut Tito, masyarakat menjadi punya banyak pilihan waktu untuk menentukan momentum pulang ke kampung halaman masing-masing.

Tito menjelaskan kondisi ini jelas berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun-tahun lalu, fenomena mudik atau pulang kampung menjadi tradisi yang serentak  dilakukan pada hari yang sama oleh masyarakat.

"Kalau yang sekarang kita tidak lihat (fenomena) itu. Karena waktu pulang yang sangat panjang," kata Tito.

Baca Juga: Tiket Mahal, Jumlah Pemudik Di Bandara Ahmad Yani Turun 

3. Tito imbau pemudik memilih jalur tol atau jalanan umum agar dapat berjalan lancar

Kapolri: Lonjakan Arus Mudik Akan Terlihat 3 Hari Jelang LebaranTribratajateng

Memasuki H-5 Lebaran, Tito berharap arus mudik dapat berjalan lancar, aman dan terkendali. Dia mengimbau pemudik untuk cermat memilih jalur perjalanan antara ruas jalan tol maupun jalanan umum. Sebab, bisa jadi arus lalu lintas akan mengalami peningkatan sekitar tiga hari menjelang momentum Idulfitri.

"kepadatan arus lalu-lintasnya kita perkirakan naik tiga hari sebelum Lebaran, tapi tidak terlalu signifikan," katanya.

Baca Juga: Mudik, Jangan Lupa lewat 8 Jalan Tol Paling Indah di Indonesia

Topik:

Berita Terkini Lainnya