Kapolri Lakukan Mutasi pada Sejumlah Kapolda dan Perwira Tinggi

Siapa saja, ya?

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal, Tito Karnavian, melakukan mutasi kepada sejumlah Kapolda dan puluhan perwira tinggi lainnya. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo menyampaikan bahwa mutasi yang dilakukan oleh Tito tersebut untuk meningkatkan kinerja organisasi.

1. Mutasi tertuang dalam surat telegram Kapolri

Kapolri Lakukan Mutasi pada Sejumlah Kapolda dan Perwira TinggiIDN Times/Fadli Syahputra

Mutasi yang dilakukan oleh Tito terhadap sejumlah Kapolda dan juga puluhan perwira tinggi tersebut, tertuang dalam surat telegram Kapolri Nomor ST/1202/IV/KEP./2019 tertanggal 26 April 2019. "Itu promosi serta tour of area dan tour of duty dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi," kata Dedi di Jakarta, Jumat (26/4).

Baca Juga: Jelang Pemilu, Kapolda Kaltara dan Bupati Nunukan Tinjau Pos Gabungan 

2. Posisi Kapolda Jawa Barat diganti

Kapolri Lakukan Mutasi pada Sejumlah Kapolda dan Perwira TinggiANTARA/Raisan Al Farisi

Adapun mutasi yang dilakukan oleh Tito antara lain, Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryato, dimutasi menjadi Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kabaintelkam Polri). Agung dimutasi untuk menggantikan Komjen Pol Unggung Cahyono yang sedang memasuki masa pensiun.

Sementara itu, posisi Kapolda Jawa Barat akan digantikan oleh Asops Kapolri Irjen Rudy Sufahriadi. Dan Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin akan mengisi jabatan Asops Kapolri.

3. Mutasi terhadap Kapolda Papua

Kapolri Lakukan Mutasi pada Sejumlah Kapolda dan Perwira TinggiIDN Times/Fadli Syahputra

Selain itu, mutasi juga dilakukan kepada Kapolda Papua. Posisi Kapolda Papua akan diisi oleh Kapolda Papua Barat yang saat ini dijabat oleh Brigjen Pol, Rudolf Albert Rodja. Sedangkan, posisi Kapolda Papua Barat digantikan oleh Dirtipidum Bareskrim Polri, Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak.

4. Kapolda Jawa Tengah dan NTB juga dimutasi

Kapolri Lakukan Mutasi pada Sejumlah Kapolda dan Perwira TinggiIDN Times/Galih Persiana

Kapolda Jawa Tengah juga ikut dimutasi oleh Tito. Kapolda Jawa Tengan, Irjen Condro Kirono, dimutasi menjadi Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri. Dan posisi Kapolda Jawa Tengah akan digantikan oleh Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel yang sekarang menjabat sebagai Gubernur Akpol Lemdiklat Polri.

Tidak hanya itu, Kapolda NTB, Irjen Pol Achmat Juri, juga akan dimutasi ke posisi Gubernur Akpol Lemdiklat Polri. Dan posisinya digantikan oleh Dirpolitik Baintelkam Nana Sujana sebagai Kapolda NTB.

5. Wakapolda Lampung juga ikut dimutasi

Kapolri Lakukan Mutasi pada Sejumlah Kapolda dan Perwira TinggiIDN Times/Galih Persiana

Lebih lanjut, Tito juga melakukan mutasi terhadap Irjen Pol Anton Wahono Sudarminto dari posisinya sebagai Sahlijemen Kapolri. Anton dimutasi karena telah memasuki masa pensiun. Dan posisinya digantikan oleh Wakapolda Lampung, Brigjen Pol Teddy Minahasa Putra. Sementara, posisi Wakapolda Lampung akan digantikan oleh Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan.

Baca Juga: Kapolri: Jangan Ada Mobilisasi Massa untuk Deklarasi Kemenangan 

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya