Comscore Tracker

PDIP Jateng Buka Kesempatan Gibran Rakabuming Daftar Pilwalkot Solo

PDIP Jateng terbuka untuk siapapun yang mau jadi kandidat

Semarang, IDN Times - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah membuka pintu lebar bagi siapa saja yang ingin mendaftar sebagai kandidat pada Pilkada 2020, termasuk Pilkada Kota Surakarta/Solo. Kesempatan ini juga berlaku bagi Gibran Rakabuming Raka untuk mendaftarkan diri pada November 2019.

"Bulan ini kita akan buka pendaftaran bakal calon-calon yang maju di Pilkada 2020. Tidak cuma Mas Gibran saja, semua orang yang belum mendaftar, dipersilakan daftar ke DPD PDIP Jateng," ujar Sekretaris DPD PDIP Jateng, Bambang Kusriyanto saat ditemui di Gets Hotel, Jalan MT Haryono, Mataram Kecamatan Semarang Timur, Jawa Tengah, Senin (4/11). 

1. PDIP menjanjikan seleksi calon dilakukan secara terbuka

PDIP Jateng Buka Kesempatan Gibran Rakabuming Daftar Pilwalkot SoloIDN Times / Larasati Rey

Bambang Krebo--sapaannya-- menjanjikan seleksi calon dilakukan secara terbuka dan boleh diikuti semua kalangan masyarakat. 

Yang pasti, kata dia, pendaftaran bakal calon dari PDIP bakal digelar dalam rentang tujuh sampai 10 hari berturut-turut. 

Meski begitu, ia masih menyusun jadwal pendaftarannya. "Nanti tunggu waktunya, kalau sudah dibuka akan dikabari," kata dia.

Baca Juga: Ini Dia Sosok Bos Ayam Bakar yang Kalahkan Polling Gibran

2. Bambang Krebo: Hasilnya tergantung rekomendasi DPP PDIP

PDIP Jateng Buka Kesempatan Gibran Rakabuming Daftar Pilwalkot SoloIDN Times / Larasati Rey

Ketika ditanya tanggapannya mengenai kesempatan Gibran diusung sebagai calon wali kota di bursa Pilwalkot Solo, Ketua DPD Jateng ini menyatakan hasil akhirnya tergantung pada rekomendasi DPP PDIP. 

Pihaknya saat ini fokus mengerjakan proses penjaringan para calon. Menurutnya tahapan penjaringan bisa memunculkan kejutan karena apapun bisa terjadi. 

"Hasilnya tergantung rekomendasi DPP. Kita dari DPD pun akan menyampaikan ke DPP hasil penjaringannya. Keputusannya ada di pusat. Jadi semuanya bisa terjadi, tidak cuma di Solo," ujar dia.

3. PDIP Jateng siapkan survei internal untuk 21 kabupaten/kota

PDIP Jateng Buka Kesempatan Gibran Rakabuming Daftar Pilwalkot SoloIDN Times/Fariz Fardianto

Selain itu, PDIP kini juga sedang menyiapkan survei internal untuk mencermati potensi kemenangan di 21 kabupaten/kota.

Ia menekankan dari hasil survei itu bakal kelihatan potensi kemenangan yang bisa diraih di tiap daerah. "21 daerah belum kita survei. Nanti kalau sudah, akan kelihatan siapa yang menang dan yang kalah," tuturnya.

Baca Juga: Dukung Gibran Jadi Wali Kota, Warga Solo Tanda Tangan di Kain Pink

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya